Kembangkan Potensi Migas, Semen Indonesia Gandeng Pertamina

Direktur Utama Semen Indonesia Suparni
Sumber :
  • VIVA.co.id/Romys Binekasri

VIVA.co.id – PT Semen Indonesia Tbk dan PT Pertamina (Persero) menyepakati sinergi pengembangan potensi bisnis minyak dan gas, untuk mendukung rencana strategis dan operasional perusahaan.

SPBU Pertamina Rempoa Dijokikan Pihak Tertentu?

Direktur Utama Semen Indonesia, Suparni mengatakan, kedua perusahaan akan melaksanakan sinergi berupa pengembangan, penyediaan, dan pendistribusian produk, serta jasa Pertamina kepada Semen Indonesia, penggunaan produk Semen Indonesia oleh Pertamina, dan pemanfaatan aset Semen Indonesia dan Pertamina di wilayah Semen Indonesia dan Pertamina.

"Selain merupakan bentuk nyata sinergi dua perusahaan, kerja sama ini tentunya akan mendukung rencana strategis dan operasional perusahaan," kata Suparni, di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jumat, 22 April 2016.

Pertamina Optimistis RI Swasembada BBM di 2023

Dia menjelaskan, hingga saat ini, pihaknya sedang menyelesaikan pabrik semen terintegrasi, yakni di Rembang dan Indarung VI dengan masing-masing kapasitas produksi tiga juta ton per tahun.

Selain itu, pada Maret 2016, Semen Indonesia juga menandatangani pendirian perusahaan patungan dengan PT Samana Citra Agung yang bergerak di bidang produksi semen di Kabupaten Pidie, Aceh.

DPR Desak Pertamina Segera Tindak SPBU Curang

Adapun Pertamina, juga terus mengacu kinerja dengan melakukan investasi-investasi infrastruktur strategis di sektor energi bersama mitra, seperti proyek-proyek refining development masterplan program, new grass root refinery (NGRR), infrastruktur penerima LNG dan pipa gas, infrastruktur storage, dan distribusi bahan bakar minyak (BBM), modernisasi pabrik pelumas, serta pengembangan proyek hulu di dalam dan luar negeri untuk menjamin ketahanan energi nasional.

"Kerja sama ini kami berharapkan dapat terealisasi, sehingga dapat berdampak positif bagi Pertamina dan Semen Indonesia," ujarnya. (asp)

Logo Semen Indonesia

Tambah Belanja Modal, Semen Indonesia Terbitkan Obligasi

Dana belanja modal yang dibutuhkan sekitar Rp6,73 triliun

img_title
VIVA.co.id
11 Juni 2016