Biaya yang 'Haram' Dipangkas Saat Liburan Lebaran

Libur Lebaran, Monas Diserbu Wisatawan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id – Sudah berencana liburan di masa Lebaran ini? Terkadang, senang berpetualang dan melakukan perjalanan, seringkali membuat kamu menjadi mengupayakan berbagai hal untuk bisa melakukannya. Bahkan, macet dan ramainya orang yang berlibur di masa Lebaran tidak akan mengganggu Anda yang ingin melakukan liburan.

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Masalahnya, di masa liburan  Lebaran, harga tiket wisata menjadi naik karena volume pengunjung yang bertambah signifikan. 

Satu hal yang paling lazim dilakukan oleh para traveller untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan penghematan atau lebih tepatnya memangkas berbagai macam biaya pada pos pengeluaran mereka.

Delapan Pekerjaan yang Bakal Digantikan Robot di Masa Depan

Tujuannya hanya satu, bisa travelling meskipun dana sangat terbatas. Namun, apakah hal ini efektif untuk dilakukan? Belum tentu, sebab ada ada beberapa pengeluaran yang memang benar-benar tidak bisa dipangkas di dalam perjalanan, sebab imbas yang terjadi akibat hal tersebut bisa saja sangat buruk bagi perjalanan yang kamu lakukan. 
Beberapa hal di bawah ini merupakan biaya-biaya yang hukumnya haram untuk dipangkas di dalam perjalanan liburan Lebaran:

1. Biaya makan

Tak Banyak yang Tahu, Ini Saat Tepat untuk Punya Asuransi Jiwa

Apapun yang akan kamu rencanakan, maka tubuh yang sehat dan fit adalah hal wajib untuk melakukan semua rencana tersebut. Jangan pernah mengambil risiko berbahaya dengan cara mengurangi atau menekan biaya makan selama jalan-jalan. 

Tindakan seperti ini hanya akan membuatmu lemas atau bahkan jatuh sakit karena kurang asupan makanan yang bergizi. 

Pada dasarnya, ada banyak sekali traveller yang mencoba melakukan penghematan pada pos pengeluaran ini dan berbagai alasan menjadi penyebabnya, seperti biaya makan di tempat wisata terlalu mahal, tetap melakukan perjalanan meskipun budget yang dimiliki sangat pas-pasan, dan mengutamakan pengeluaran lain di luar pengeluaran makan.

Baca Juga: 10 Langkah Memiliki Penghasilan Ratusan Juta Rupiah

2. Tiket masuk ke tempat wisata

Kamu berniat untuk datang dan menikmati objek wisata tertentu, maka sudah sewajarnya kalau kamu akan dikenakan sejumlah biaya masuk ke sana. Namun, selalu saja ada traveller yang melakukan kesalahan dengan masuk ke tempat wisata tanpa membayar tiket masuk yang seharusnya. 

Bagaimana dengan kamu?Jangan pernah melakukan tindakan tidak terpuji seperti ini, sebab ini bukan hanya kecurangan saja, tetapi sebuah perbuatan memalukan. Membayar tiket masuk ke tempat wisata adalah pengeluaran wajib yang harus kamu hitung dan siapkan di dalam anggaran perjalanan kamu. 

Sejumlah uang yang kamu bayarkan tersebut akan sangat berguna untuk pemeliharaan objek-objek wisata yang kamu datangi tersebut. 

3. Meniadakan asuransi

Kita tidak akan pernah tahu apa saja yang bisa terjadi selama di perjalanan, karena itu sangat penting untuk memperkecil berbagai risiko yang bisa saja kita tanggung nantinya. 

Beli dan gunakan asuransi perjalanan selama melakukan travelling, agar berbagai risiko tersebut ditanggung oleh pihak asuransi. Jangan meniadakan biaya ini dengan alasan apapun, termasuk penghematan. 

Asuransi sangat penting bagi perjalanan yang akan kamu lakukan, di mana kamu bisa saja mengalami berbagai hal yang berada di luar perkiraan kamu sebelumnya.

Baca juga: Mau Belanja Bulanan Murah? Ikuti Cara Berikut Ini!

4. Biaya penginapan

Hal ini juga menjadi salah satu pos pengeluaran yang paling sering dipangkas oleh traveller, meskipun sebenarnya ini bisa berakibat sangat buruk bagi perjalanan kamu. Sebagian orang akan berpendapat bahwa hotel hanya akan digunakan untuk tidur dan mandi serta menaruh barang-barang bawaan saja. 

Selama liburan mereka akan selalu bepergian, artinya hotel hanya sebagai tempat persinggahan, sehingga tidak perlu membuang-buang uang untuk menyewa sebuah kamar hotel yang mahal. Pemikiran seperti ini tentu sangat salah.

Saat memilih sebuah hotel, kamu tidak boleh hanya berpatokan pada harga serta berbagai penawaran menariknya saja. Pertimbangakan berbagai hal ketika memilih sebuah hotel, sebab hotel akan menjadi tempat kamu menginap selama liburan. 

Kamu akan memiliki agenda yang sangat padat sepanjang hari, sehingga kamu membutuhkan istirahat yang berkualitas dan juga nyaman. Pastikan kamu memilih hotel yang bersih dan aman, sehingga kamu bisa beristirahat dengan tenang selama menginap di sana.

5. Membeli obat-obatan

Aktivitas yang padat akan membuat kamu membutuhkan asupan makanan yang cukup, bahkan tambahan multivitamin juga. Jangan lupa untuk memasukkan biaya ini ke dalam anggaran perjalananmu, siapkan juga beberapa obat ringan yang sewaktu-waktu bisa saja kamu butuhkan.

Baca Juga: Kriteria Tabungan Anak Terbaik dan Produk Pilihannya
https://www.cermati.com/artikel/kriteria-tabungan-anak-terbaik-dan-produk-pilihannya

Lakukan penghemat dengan tepat

Ketika akan travelling, kamu tentu akan mencoba untuk menghemat berbagai biaya perjalanan yang akan kamu lakukan. Namun, jangan pernah meniadakan atau memangkas berbagai biaya yang sangat vital dalam perjalananmu. 

Ketahui dengan jelas apa saja kebutuhan wajib yang memang benar-benar harus kamu penuhi saat travelling, dengan begitu kamu bisa melakukan penghematan yang tepat pada beberapa pos pengeluaranmu selama liburan.

Baca juga: Benda Yang Wajib Ada Saat Mudik Menggunakan Mobil
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya