Kembangkan Ekonomi Desa, Kemendes Dorong Tradisi Setempat

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Marwan Jafar.
Sumber :
  • Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

VIVA.co.id – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Marwan Jafar mengungkapkan, untuk memperkaya tradisi lokal dan mempertahankan eksistensi desa adat, hal pertama yang harus dilakukan adalah memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat adat. Dengan demikian, secara otomatis ekonomi daerah sekitar akan berkembang.

Kebakaran Gedung Kemendes, Kerugian Capai Rp1,5 Miliar

Kementerian Desa, lanjut dia, saat ini tengah giat memberikan berbagai pelatihan terhadap masyarakat adat. Hal tersebut, tentu berkaitan dengan penguatan tradisi dan budaya lokal, agar selaras dengan perkembangan zaman dan perekonomian.

“Desa adat membutuhkan perhatian khusus untuk memperkecil kemungkinan terkikisnya budaya lokal. Masyarakat di desa adat juga harus bisa mengikuti perkembangan zaman, agar adat budaya Indonesia tetap terjaga eksistensinya,” ujarnya dia dalam keterangan resminya, Jumat 22 Juli 2016.

Serapan Dana Desa di Tiga Program Unggulan Capai Rp37 Triliun

Menteri Marwan mencontohkan, pelatihan dan pembinaan masyarakat adat digelar di Bali Juni 2016 lalu misalnya. Mengambil tema mejejahitan, yakni keterampilan dari dari dedaunan yang erat kaitannya dengan upacara keagamaan di Bali.

Mejejaitan ini khas sekali di Bali. Jangan sampai ini terlupakan, karena ini adalah salah satu dari identitas bangsa kita,” katanya.

Mendes Halim Sebut Tokoh Agama Berperan Penting Bangun SDM di Daerah

Dia menegaskan, pelatihan bisnis berbasis tradisi setempat tersebut akan digalakan ke depannya. Sehingga, ekonomi yang tumbuh murni ciri khas daerah setempat. 

“Misalnya di Kalimantan Selatan kemarin, kita latih masyarakat adat di sana dalam hal ini suku dayak, untuk bagaimana dapat mengelola dan memasarkan hasil pertanian dengan baik. Karena bicara soal tradisi, mereka sudah sangat menguasai. Tinggal bagaimana masyarakat adat di sana bisa bertahan hidup dan taraf ekonominya meningkat,” urai Marwan. (asp)

Muhaimin Iskandar

Cak Imin Usul Kementerian Pertanian Dilebur ke Kementerian Desa

Menurut Ketum PKB yang juga Wakil Ketua DPR, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, uang negara tidak harus habis di atas tapi harus habis di tingkat bawah, pendidikan dan desa

img_title
VIVA.co.id
23 Desember 2022