2017, Ekonomi Indonesia Diprediksi Bakal Tumbuh Enam Persen

Anggito Abimanyu
Sumber :
  • Antara

VIVA.co.id – Ekonom asal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila, Anggito Abimanyu memprediksi, ekonomi Indonesia di 2017 bakal tumbuh enam persen. Proyeksi ini lebih tinggi dari asumsi pemerintah yang menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,3 persen di 2017.

Prabowo Bakal Pangkas Subsidi BBM untuk Makan Siang Gratis, Menteri ESDM Bilang Begini

Menurut mantan Ketua Badan Kebijakan Fiskal tersebut, pertumbuhan ekonomi sebanyak enam persen itu dapat terealisasi seiring dengan mulai beroperasinya beberapa infrastruktur. Saat ini pembangunan jalan-jalan tol sedang berjalan dan diperkirakan akan beroperasi pada 2017 mendatang.

"Iya saya membayangkan 2017 (ekonomi) kita tumbuh enam persen. Apalagi kalau beberapa infrastruktur sudah jadi dan mulai beroperasi, misalnya sebagian bandara-bandara baru dan jalan-jalan tol yang saat ini dalam pembangunan kan beroperasinya baru 2017 nanti," katanya dalam diskusi rutin Institute for Development of Economics and Finance (Indef) bertajuk "Pertaruhan Kredibilitas Fiskal" di Bangi Kopi, Jakarta, Senin, 15 Agustus 2016.

Kemenkeu: Pertumbuhan Ekonomi 2021 yang Dirilis BPS Sesuai Prediksi

Ia menuturkan, pemerintah harus berpikir realistis dan lebih konservatif dalam melakukan pemangkasan anggaran. Sehingga tidak ada lagi kewajiban-kewajiban di 2016 yang harus dibayarkan pada 2017 nantinya.

"Mungkin lebih baik kita berpikir realistis di 2016, bahkan lebih konservatif sehingga kita tidak punya kewajiban-kewajiban lagi di 2017." 

BPS: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di 2021 Capai 3,69 Persen

Pasalnya, menurut Anggito, penerimaan APBN-P 2016 ini masih dibayarkan untuk kewajiban-kewajiban di 2015 lalu.

(mus)

Anggota DPRD DKI Jakarta Ima Mahdiah

DPRD DKI Protes Penerima KJMU Dipangkas, Diduga karena Anggaran Disunat

Anggota DPRD DKI dari Fraksi PDIP Ima Mahdiah menduga pemangkasan atau revisi penerima Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) karena ada pemotongan anggaran

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2024