Jembatan Cisomang Ditargetkan Beroperasi Normal April

Para pekerja tengah memperbaiki Jembatan Cisomang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA.co.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat masih terus memacu upaya perbaikan Jembatan Cisomang, yang berada di Jalan Tol Purbaleunyi KM 100, agar bisa diselesaikan sesuai targetnya pada akhir Maret 2017.

Siap-siap Tarif Tol Dalam Kota Resmi Naik Besok, Ini Rinciannya

Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Arie Setiadi Moerwanto, menjelaskan, hingga saat ini progres perbaikan Jembatan Cisomang sudah mulai beranjak ke bagian atas jembatan, setelah perbaikan bagian pilarnya rampung dikerjakan.

"Sekarang sudah mulai naik ke deck. Bagian atasnya sudah mulai diperbaiki," kata Arie di Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Kamis 9 Maret 2017.

Sri Mulyani Ungkap 'Kontraksi Dalam' Belanja Modal Januari 2022

Menurut dia, pola pemantauan menggunakan teknik robotik untuk melihat kemungkinan pergeseran tanah masih terus dipasang. Metode tersebut diakuinya juga sudah diterapkan pada semua jalan tol yang ada.

Mengenai ketentuan pembatasan jenis kendaraan yang diperbolehkan melintas di Jembatan Cisomang, hingga saat ini Bina Marga pun masih memberlakukannya.

Daftar 12 Ruas Jalan Tol Baru yang Diresmikan 2021

"Sementara masih, tapi nanti bertahap sesuai dengan progres akan disesuaikan. Kemarin kan hanya boleh untuk golongan satu saja, nanti golongan dua sampai golongan ketiga dan selanjutnya, tergantung sampai di mana perbaikannya," kata Arie.

Mengenai pencapaian target, ia masih optimistis pada 1 April mendatang Jembatan Cisomang sudah dibuka kembali secara normal. Sebab, diakuinya bahwa dampak perbaikan jembatan ini memang sangat terasa bagi kepadatan jalan-jalan nasional di sekitarnya, yang menjadi jalur alternatif.

"Kami masih optimis 1 April sudah bisa dibuka. Inginnya sih sebelum 1 April sebagian sudah dibuka. Karena kami menyadari dampak kemacetannya itu sampai di jalan-jalan nasional dan lainnya. Makanya kami setiap minggu selalu duduk bersama dengan tim ahli untuk membicarakan progres lapangan," tuturnya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya