Perumnas Ajak PJTKI Bangun Rumah TKI

VIVAnews - Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional (Perum Perumnas) dan Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) akan menjalin kerja sama dalam penyediaan rumah bagi para Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

"Saat ini, kita sedang menjajaki kerja sama dengan PJTKI," kata Direktur Pemasaran Perum Perumnas Teddy Robinson usai acara buka bersama di Kantor Pusat Perum Perumnas Jakarta, Rabu malam, 9 September 2009.

Menurut Teddy, para TKI yang saat ini bekerja di Hong Kong merupakan sasaran pertama perseroan. Sebab, para pekerja di sana stabil dan tidak pernah ada masalah seperti penempatan di negara-negara lain sebut saja Malaysia. "Jadi, nanti saat mereka pulang kampung sudah memiliki rumah sendiri dan tidak menumpang keluarga (bagi yang belum punya)," ujarnya.

Dia mengakui, Perumnas membidik para TKI yang bekerja di Hong Kong tersebut sebagai konsumen karena mereka bergaji minimal Rp 5 juta per bulan. "Tetapi kita tetap mensyaratkan, para pekerja tersebut minimal sudah dua tahun bekerja di negara itu," kata Teddy.

Sedang perseroan mengajak kerja sama PJTKI, kata Teddy, sebab perusahaan tersebut nantinya yang akan menaungi para TKI. "Selain kita bisa mendapatkan data lengkap dan menjembatani Perumnas dengan TKI, PJTKI nantinya diharapkan yang membayar DP (uang muka)," tutur Teddy.

Teddy menambahkan, pihaknya juga akan menjalin kerja sama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (Konjen RI) di negara-negara yang dibidik Perumnas.

Sementara itu, dia menuturkan, lahan-lahan yang akan disiapkan perseroan untuk para TKI tersebut yaitu Madiun, Blitar, Kediri, Lamongan, dan Trenggalek. Sebab, berdasarkan data yang diterima para pekerja mancanegara itu banyak berasal dari daerah-daerah tersebut.

Teddy mengakui, untuk tahap pertama Perumnas akan membangun sekitar 3.000 unit rumah dengan tipe 36 dan luas lahan 72 meter persegi untuk para TKI asal Hong Kong itu. "Kita targetkan, tahun depan (2010) sudah bisa jalan proyek ini," ujarnya.


antique.putra@vivanews.com

Terpopuler: Indonesia U-23 Fenomenal, Ernando Ari Kepikiran Arkhan Fikri
Pimpinan Ponpes Tajul Alawiyyin, Habib Bahar bin Smith

Top Trending: Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo Gibran hingga Seorang Ulama Kritik Nabi Muhammad

Artikel top trending pertama yakni mengenai Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep tengah disorot oleh para pembaca

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024