Incar Wisman, Garuda Jajaki Rute Manado-Tiongkok

Miniatur pesawat maskapai Garuda Indonesia
Sumber :
  • REUTERS/Nyimas Laula

VIVA.co.id – Jumlah wisatawan asal Tiongkok yang berkunjung ke Indonesia terus meningkat. Upaya menarik wisatawan Tirai Bambu ini terus dilakukan, salah satunya maskapai Garuda Indonesia. Garuda akan membuka rute destinasi baru untuk turis-turis China ini.

Angkasa Pura Investigasi Penyebab Pesawat Garuda Keluar Lintasan

"Kami akan jajaki penerbangan Manado ke Tiongkok," kata General Manager Garuda Indonesia Branch Office Manado, Donald Jerry, di Manado, Kamis 30 Maret 2017. Menurut dia, penerbangan ke Tiongkok memang potensial untuk dikembangkan.

Oleh karena itu pihaknya sedang melakukan penjajakan untuk pembukaan rute tersebut. Selain itu, pihaknya juga melakukan berbagai persiapan, sehingga bisa berjalan dengan baik.

Soal Putusan Sidang KPPU, Begini Tanggapan Dirut Garuda

Apalagi penerbangan tersebut rencananya akan dilakukan reguler sehingga diharapkan bisa memajukan Sulawesi Utara terutama sektor pariwisatanya.

"Tapi sebelum pembukaan rute itu akan akan hubungkan dulu konektivitas intra Sulawesi, yaitu membuka rute dari Manado ke berbagai kota yang ada di Pulau Sulawesi dan sekitarnya. Nantinya jika ingin ke Tiongkok tak perlu ke Jakarta. Dan ke depannya Manado bisa menjadi hub," tutur Donald.

Garuda Indonesia Klarifikasi Isu Masker Awak Kabin Diganti Face Shield

Terpisah, General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado, Nugroho Jati mengaku siap jika ada maskapai yang membuka rute baru dari Manado menuju ke berbagai kota di Indonesia, maupun rute internasional.

"Secara global, industri penerbangan masih akan menunjukkan pertumbuhan yang atraktif. Market di Indonesia masih menjanjikan, terutama didukung beberapa faktor yakni pertambahan jumlah penumpang, pertumbuhan ekonomi, populasi, dan letak geografisnya," kata dia.

Konektivitas masih menjadi kunci, di mana kemudahan perpindahan orang dan barang merupakan komoditas untuk era serba cepat seperti saat ini. "Rute Manado-Tiongkok sangat potensial," kata Nugroho.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya