Enam Trik ini Dijamin Bangkitkan Gairah Menabung

Ilustrasi Menabung.
Sumber :

VIVA.co.id – Menabung itu memang penting dan bisa dirasakan manfaatnya jika Anda fokus pada keuntungan dalam menabung itu sendiri. Selain itu, Anda juga perlu menyesuaikan cara belanja agar bisa merasakan manfaat dari menabung yang sebenarnya. 

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Membiasakan diri untuk menabung adalah kebiasaan baik untuk membuat kita terbebas dari masalah finansial. Menabung juga bukan hal membosankan karena akan dihadapkan pada beberapa macam pilihan untuk menabung dengan berbagai keuntungan maksimal yang bisa didapat. 

Anda bisa memilih tabungan misalnya deposito, saham, reksadana, emas bahkan properti. Pilih produk mana yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan. Dengan menabung, kita memang mengurangi beberapa pos pengeluaran, namun hal itu dilakukan agar mendapat keuntungan yang maksimal saat telah menabung nanti.

Delapan Pekerjaan yang Bakal Digantikan Robot di Masa Depan

Berikut ini enam tips yang bisa meningkatkan kesadaran kita akan pentingnya menabung, seperti dikutip dari Cermati.com, pada Kamis 27 Juli 2017:

1. Periksa kembali pengeluaran

Tak Banyak yang Tahu, Ini Saat Tepat untuk Punya Asuransi Jiwa

Karena menabung memang akan mengambil sebagian uang dari pos pengeluaran Anda, maka sebaiknya cek kembali pengeluaran tersebut agar bisa menabung. Jika dari data pengeluaran yang ada ternyata tidak ada sisa uang untuk ditabungkan, maka Anda harus mencari cara agar tetap bisa menyisihkan uang untuk menabung.

Jika pengeluaran cukup besar karena ada list yang tidak begitu penting, seperti budget menonton bioskop, budget berlatih yoga, atau belanja, maka Anda bisa mengambil pos tersebut untuk dijadikan tabungan saja. Sebaiknya, jalani hidup hemat jika ingin bisa menabung.

2. Sesuaikan harga barang yang ingin dibeli dengan keadaan keuangan

Memiliki barang branded dan bermerek terkadang membuat kita lebih merasa bangga dibandingkan membeli barang yang kualitasnya standar. Namun, jika Anda lebih fokus pada kegiatan menabung, sebaiknya mulai kesampingkan gengsi tersebut agar bisa menabung lebih maksimal lagi. 

3. Dahulukan kebutuhan daripada keinginan

Saat mengecek pengeluaran, mungkin ada beberapa pos yang bisa dipangkas untuk bisa menabung. Namun, terkadang Anda berfikir bahwa pengeluaran tersebut sebenarnya telah memberi kepuasan dan merupakan keinginan selama ini. 

Namun, percayalah keinginan itu tidak pernah ada batasnya, sehingga sulit jika harus diukur dengan uang. Sebaiknya biasakan diri untuk mengutamakan kebutuhan yang memang diperlukan setiap harinya, relakan keinginan tersebut untuk dijadikan tabungan saja karena hasilnya nanti juga akan dinikmati sendiri.

4. Berusaha bebas dari masalah finansial

Inilah yang Anda cari dari menabung atau berinvestasi. Bukankah Anda ingin bebas dari masalah finansial? Fokuslah terus pada hal ini agar bisa lebih memikirkan hal apa saja yang bisa didapatkan nanti jika uang tersebut terkumpul dalam jumlah banyak.

5. Tentukan prioritas

Penting untuk menentukan prioritas dalam keuangan Anda. Manakah yang lebih dipilih, mendapatkan kesenangan dan kepuasan sementara atau memiliki keadaan keuangan yang stabil? Silahkan pikirkan dan buat prioritasnya. Hal ini akan mempermudah Anda menyisihkan dana untuk menabung, dan mengurangi pengeluaran yang tidak penting.

6. Targetkan jumlah tabungan yang diinginkan

Menabung adalah tujuan masa depan, oleh sebab itu harus ada targetnya. Tetapkan target jumlah uang yang akan dikumpulkan dalam tabungan Anda tersebut. Targetkan sejak awal berapa banyak uang yang akan ditabungkan. 

Misalnya, target menabung Anda adalah sebesar 20 persen setiap bulannya. Anda dapat juga menghitung jumlah tabungan yang diharapkan setiap tahunnya. Semakin dekat target yang dimiliki, maka akan semakin besar semangat dalam menabung. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya