Kekayaan Norwegia untuk Investasi Tembus US$1 Triliun

Norwegia
Sumber :
  • Businessinsider.com

VIVA.co.id – Sovereign Wealth Fund yang dimiliki Norwegia tercatat tembus US$1 triliun saat ini. Kekayaan negara yang bisa digunakan untuk investasi ini, adalah yang terbesar di dunia.

Ekonom: Pesta Demokrasi RI Dorong Konsumsi, Tapi Investasi Asing Menciut

Dilansir dari CNBC, Rabu 20 September 2017, Norges Bank, selaku pengelola dana, dalam situs resminya mengatakan bahwa dana tersebut tidak pernah diperkirakan bisa tumbuh sebesar itu. 

"Saya tidak pernah memperkirakan akan mencapai US$1 triliun dolar, saat pertama kali dana pendapatan dari minyak itu dilakukan pada 1996. Ini merupakan tonggak sejarah dan pertumbuhan nilai pasar dana tersebut menakjubkan,” ujar Chief Executive Officer di Norges Bank Investment Management, Yngve Slyngstad. 

ASEAN-BAC: Thailand Jadi Contoh yang Berhasil Memanfaatkan Potensi Investasi Asing di ASEAN

Selasa, 19 September kemarin, sekitar pukul 2.01 waktu setempat, dana investasi Norwegia tersebut menyentuh nilai US$1 triliun. Bank tersebut mengatakan penguatan mata uang utama dunia terhadap dolar AS, dan dikombinasikan dengan kuatnya pasar ekuitas membuat SWF Norwegia terus meningkat. 

Sebagai informasi, SWF Norwegia telah berdiri lebih dari 20 tahun. Dengan modal awal investasi pendapatan yang dihasilkan dari penjualan produk jadi minyak. 

Realisasi Investasi di Kota Tangerang Kuartal I 2023 Tembus Rp6,956 Triliun

Pada Agustus lalu, Bank Norges mengatakan bahwa investasi SWF ke Nestle, Tencent dan Swiss Novartis memberikan kontribusi positif terbesar terhadap pertumbuhan dana tersebut pada kuartal II. 

Capres Anies Baswedan di acara Dialog Apindo Capres 2024

Anies Ungkap Penyebab Investor Asing Enggan Masuk RI: Kita Punya Masalah, Jangan Ditutupi!

Calon Presiden Anies Baswedan mengungkap sejumlah penyebab investor asing masih enggan masuk ke Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
12 Desember 2023