Kapal Induk Prancis Merapat di Tanjung Priok

Angkatan Laut Prancis disambut Angkatan Laut RI.
Sumber :
  • Dinia A/VIVA.co.id

VIVA – Angkatan Laut Prancis mengirimkan dua unit kapal ke Indonesia sebagai bentuk kerja sama pertahanan RI dan Prancis yang semakin meningkat setiap tahunnya. Dua kapal tersebut yakni kapal induk amfibi dan komando BPC Dixmude dan kapal pendampingnya yakni kapal fregat siluman, Surcouf.

Tetangga Tiongkok Perkuat Armada Laut dengan 'Pembunuh Kapal Induk' Baru

Tiba di Pelabuhan Tanjung Priok siang tadi, Minggu, 22 April 2018, kedua kapal tersebut akan mengikuti serangkaian kegiatan dengan pejabat TNI Angkatan Laut dan olahraga bersama antara kru kapal. Kemudian dilakukan pula beberapa diskusi terkait kemaritiman dan berpartisipasi dalam latihan multinasional yaitu Multilateral Naval Exercise Komodo 2018.

"Kedatangan kapal Prancis ke Indonesia adalah untuk meningkatkan kerja sama pertahanan kedua negara dan menunjukkan kepada dunia mengenai misi kita bersama untuk menjaga keamanan di kawasan," kata Komandan Kapal Dixmude, Jean Porcher di Jakarta.

Tiongkok Ingin Menjadi Negara Adidaya Kapal Induk Seperti Angkatan Laut AS

Kapal Induk Angkatan Laut Prancis.

Kapal Induk Prancis berlabuh di Tanjung Priok

Terpopuler: Mayor Teddy Dimutasi, Bukber Prabowo Subianto dengan Titiek Soeharto dan Didit

Porcher mengatakan, kedatangan kedua kapal Prancis kali ini adalah untuk menunjukkan bahwa Indonesia merupakan salah satu partner kunci bagi Prancis. Ia berharap keterlibatan Prancis kali ini dapat menunjukkan kuatnya ikatan kerja sama antara kedua negara.

Hal senada diungkapkan Dansatrol Lantamal III, Kolonel Salim. Menurutnya kunjungan kapal Prancis dan keterlibatannya dalam Latihan Multinasional Komodo, dapat mempererat hubungan sesama Angkatan Laut di seluruh dunia dan meningkatkan hubungan bilateral negara.

FNS Dixmude merupakan Kapal untuk Serbuan Amphibi yang memiliki kemampuan berat 21.000 ton, dapat mengangkut 16 sampai dengan 35 helikopter, I batalion pasukan dan 70 kendaraan, dilengkapi dengan persenjataan rudal permukaan ke udara Sinbad, 22 mm Breda maupun 12,7 mm Browning. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya