China Mengkonfirmasi Sedang Membangun Kapal Induk ke-4

VIVA Militer: Kapal induk Angkatan Laut China (PLAN), Type 002 Shandong
Sumber :
  • UK Defence Journal

VIVA – China dilaporkan sedang membangun kapal induk keempat, menjadikannya kekuatan kapal induk terbesar kedua di belakang Amerika Serikat. Sebuah laporan di media pemerintah Hong Kong mengklaim bahwa akan ada pengumuman “segera” pada flat top baru, bersama dengan rilis detail teknis. 

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Kapal induk keempat mungkin merupakan kapal permukaan bertenaga nuklir pertama Tiongkok, tonggak utama dalam pengembangan kapal dan kunci untuk memproyeksikan kekuatan militer Tiongkok di luar negeri.

Sebuah Wink dan Anggukan

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

VIVA Militer: Kapal induk Angkatan Laut China (PLAN), Type 002 Shandong

Photo :
  • The National Interest

Seorang reporter untuk Harian Komersial Hong Kong milik negara mempertanyakan Wakil Laksamana Angkatan Laut Tiongkok dan komisaris politik Yuan Huazhi tentang apakah kapal induk Tiongkok berikutnya akan bertenaga nuklir atau tidak dan apa namanya. Huazhi dilaporkan tersenyum ketika ditanya apakah pembawa akan menggunakan propulsi nuklir dan mengatakan akan ada “pengumuman segera.” Dia juga mengatakan tidak ada hambatan teknis dalam pembangunan operator baru, dan tidak ada penundaan.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Meskipun pertukaran tidak terdengar seperti “ya” yang pasti, beberapa outlet media Tiongkok, termasuk South China Morning Post dan tabloid nasionalis Global Times juga telah melaporkan pertukaran tersebut sebagai konfirmasi kapal keempat.

“Komisar politik” adalah pekerjaan yang secara khusus ditugaskan untuk memastikan bahwa angkatan bersenjata diindoktrinasi dengan benar dalam pemikiran politik yang “benar”, dan bahwa sentimen yang bertentangan dengan apa yang diinginkan pemerintah dalam hal ini, Partai Komunis Tiongkok dicap. 

Tidak ada yang setara di AS, NATO, Jepang, atau tentara berorientasi Barat lainnya. Mengingat bahwa seluruh pekerjaan Yuan adalah untuk memastikan bahwa orang-orang diberi informasi yang benar dan rumor dibatalkan, sepertinya tidak mungkin dia akan mengisyaratkan bahwa kapal keempat akan datang jika tidak ada.

Nomor Empat

VIVA Militer: Kapal Induk Type 001 Liaoning (16) Angkatan Laut China

Photo :
  • South China Morning Post (SCMP)

Dikutip dari Popularmechanics, Cina memiliki tiga kapal induk: Liaoning, Shandong, dan Fujian. Liaoning mulai hidup sebagai kapal induk angkatan laut Soviet, tetapi Uni Soviet runtuh sebelum bisa selesai. Lambung yang belum selesai dijual pada tahun 1998 kepada seorang pengusaha Hong Kong dengan niat yang dinyatakan untuk mengubahnya menjadi kasino terapung, tetapi dipindahkan ke Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat, yang menugaskannya pada tahun 2012 sebagai kapal induk. Liaoning menggunakan jalur ski yang kurang efisien alih-alih ketapel pesawat.

Shandong (ditugaskan pada 2019) juga menggunakan landai ski, dan dibangun dari bawah ke atas sebagai ujian kemampuan China untuk membangun kapal induk. Fujian (yang baru saja menyelesaikan konstruksi) dibangun tanpa jalan ski, dan sebagai gantinya dilaporkan menggunakan sistem peluncuran pesawat elektromagnetik yang mirip dengan sistem EMALS Amerika pada operator kelas Ford.

Masing-masing kapal induk China sebelumnya mencapai tonggak sejarah baru, tetapi bahkan yang terbaru gagal mencapai teknologi kapal induk utama: propulsi nuklir. Tenaga nuklir memberi kapal induk jangkauan yang hampir tidak terbatas, memungkinkan mereka berlayar sejauh ribuan mil dan hanya membutuhkan makanan dan amunisi yang dibawa untuk melakukan operasi tempur. 

Pada tahun 2024, hanya Amerika Serikat dan Prancis yang telah membangun kapal induk bertenaga nuklir. Jika Cina berniat untuk menyamai AS. Angkatan Laut berdasarkan teknologi, pembawa nuklir adalah kemungkinan yang diperlukan.

Cina kemungkinan akan membangun beberapa operator lagi. Tiga atau empat operator juga tidak berarti bahwa banyak yang tersedia pada waktu tertentu. Kapal induk, seperti kapal perang lainnya, menderita tirani dari ketiganya: untuk setiap satu kapal di laut, yang lain baru saja kembali dari laut, dan yang ketiga berada di drydock atau bersiap untuk berlayar. 

Ini secara efektif berarti bahwa untuk setiap tiga operator yang dimiliki suatu negara, ia hanya dapat menjamin satu di laut setiap saat, dengan kemampuan sesekali untuk melonjak dua jika terjadi keadaan darurat.

Jika Cina tegas untuk menyamai AS. Angkatan Laut, ia harus membangun kapal induk bertenaga nuklir sebanyak AS. Armada Pasifik beroperasi. Itu berarti tujuh kapal induk yang cocok dengan USS Nimitz, Vinson, Roosevelt, Lincoln, Washington, Stennis, dan Reagan. Mengingat Cina belum membangun satu pun kapal permukaan bertenaga nuklir, galangan kapal Cina kemungkinan akan tetap bersenandung selama dua puluh tahun ke depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya