3 Negara 'Musuh AS' Ini Ajak 6 Negara Lain untuk Ikut Latihan Militer Bersama

VIVA Militer: Tentara Rusia
Sumber :
  • mil.in.ua

Teluk Oman – Tiga negara yang kini bertentangan dengan AS, yaitu Iran, China dan Rusia telah memulai latihan militer angkatan laut mereka pada pekan ini. 

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Menurut kantor berita Iran, IRNA, latihan tersebut akan dimulai pada hari Selasa waktu setempat (Rabu dalam WIB).

Beberapa perwakilan angkatan laut dari enam negara, yaitu Pakistan, Kazakhstan, Azerbaijan, Oman, India dan Afrika Selatan juga akan menyaksikan dan berpartisipasi dalam latihan tersebut, melansir VOA, Rabu, 13 Maret 2024. 

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Pemimpin Rusia, China dan Iran

Photo :
  • X

Media pemerintah Iran menambahkan bahwa tujuan latihan ini adalah untuk “mengkonsolidasikan keamanan dan fondasinya di kawasan serta memperluas kerja sama multilateral di antara negara-negara peserta.” 

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan pada hari Senin oleh Beijing, mengumumkan bahwa China akan mengirimkan beberapa kapal dalam latihan tersebut.

"China akan mengirimkan kapal perusak berpeluru kendali Urumqi, kapal fregat berpeluru kendali Linyi dan kapal pasokan komprehensif Dongpinghu untuk berpartisipasi dalam latihan tersebut,” ujar pernyataan. 

Menurut kantor berita Rusia, Kementerian Pertahanan Moskow mengatakan, “Bagian praktis dari latihan ini akan berlangsung di perairan Teluk Oman di Laut Arab.”

Moskow juga menambahkan bahwa latihan tersebut akan memfasilitasi keselamatan maritim negara partisipanz 

Media pemerintah Rusia melaporkan menjelang latihan minggu ini bahwa kapal-kapal dari Armada Pasifik Rusia tiba di pelabuhan Chah Bahar Iran pada hari Senin, dipimpin oleh kapal penjelajah Varyag. 

Latihan maritim ini dilakukan ketika ketegangan meningkat di wilayah tersebut akibat perang di Gaza dan serangan yang sedang berlangsung terhadap kapal-kapal di Laut Merah, yang dilancarkan oleh pemberontak Houthi yang didukung Iran.

VIVA Militer: Armada tempur militer Inggris di Laut Merah

Photo :
  • forces.net

Houthi berkata bahwa tindakan mereka adalah untuk solidaritas dengan warga Palestina di Gaza. 

Namun, ini bukan pertama kalinya tiga negara tersebut latihan militer bersama. Pada tahun 2022, Iran, China, dan Rusia melakukan manuver angkatan laut bersama di Teluk Oman. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya