Laporan VIVAnews dari Belanda

'Hari Ganja' di Belanda

Hari Pembebasan Ganja di Belanda
Sumber :
  • VIVAnews/Arfi Bambani Amri

VIVAnews - Mengenakan t-shirt hijau dengan "ganja" di dada, Derrick Bergman berusaha keras menjelaskan ide di balik "Cannabis Bevrijdingsdag" atau "Hari Pembebasan Ganja".

Anaknya Dituding Selingkuhan Rizky Nazar, Ibu Salshabilla Adriani: Bunda Tahu Sakitnya Hati kamu

Hari Pembebasan Ganja itu digelar di sebuah taman di Amsterdam, Belanda, Sabtu, 8 Mei 2010. Bergman adalah orang juru bicara untuk perayaan ini. "Ganja tidak legal di Belanda," kata Bergman kepada VIVAnews.

"Dia setengah legal," ujar anggota organisasi ganja Belanda (Vereniging van het voor Opheffing Cannabisverbod) itu. Ganja setengah legal karena hukum melarang menjual ganja (kecuali di warung kopi tertentu) dan menanam ganja.

Tapi Anda bisa mengkonsumsi dengan jumlah tertentu. Bergman kemudian mengeluarkan sebuah kotak kecil dari saku celana jinsnya. Dia membukanya.

Ada sejumput daun dan bunga di dalam kotak. "Ini ganja saya," Bergman lalu tersenyum. "Aku selalu membawanya di mana saja (di Belanda)." Bergman memanen ganja ini dari tanamannya sendiri.
 
Baginya, hukum Belanda membolehkan seseorang untuk memiliki ganja tetapi tidak lebih dari lima gram. Kepemilikan lebih dari itu dapat dihukum.

"Di Amerika Serikat (AS), saya bisa dipenjara karena ini," katanya. "Ada 700.000 orang yang dipenjarakan di AS karena ini." Tapi di sini, di Belanda, Anda dapat memiliki dan mengkonsumsi untuk jumlah tertentu.
 
Undang-undang Opium menyatakan bahwa setiap bagian dari tanaman ganja dilarang kecuali untuk benih. Tapi, itu tetap ilegal meski "ditoleransi."

Sebuah keputusan pengadilan terakhir memungkinkan pengguna ganja medis untuk menghindari tuntutan hukum karena memiliki sejumlah kecil tanaman ganja. "Anda dapat memiliki maksimum lima pot di rumah, tetapi jika ada polisi merazia, mereka akan menyita semua pot tanaman," kata Bergman.

Berita Favorit Lainnya:

Polisi Ditemukan Tewas di Mampang Jaksel dengan Luka Tembak di Kepala

1. Maia Estianty Dirayu Tiga Pengusaha
2. Gaya Mengatur Uang Berdasarkan Zodiak
3. Legenda Liverpool Latih Anak-anak Indonesia
4. Ditembak di Kepala, Nyawa Jenderal Terancam
5. Menu Para Astronot Dunia
6. Rasakan Sensasi Pijat dengan Pasangan
7. Alien Mencoba Kontak Bumi
8. Ditemukan Alat Bantu Seks Jaman Purba
9. Sri Mulyani: Kementerian Keuangan Angker
10. Komnas HAM Kaji Tewasnya Teroris

Ilustrasi tembakan.

Anggota Polresta Manado Ditemukan Tewas di Mampang Sedang Cuti

Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Ade Rahmat Idnal mengatakan bahwa anggota Satlantas Polresta Manado, Sulawesi Utara yakni Brigadir Ridhal Ali Tomi ditemukan tewas.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024