Kompleks Khadafi Ini Jadi Target Pemberontak

Pasukan pemberontak berhasil masuk ke kompleks Muammar Khadafi
Sumber :
  • AP Photo/APTN

VIVAnews - Pasukan pemberontak anti rezim Muammar Khadafi berhasil masuk ke kompleks kediaman pemimpin Libya itu, Selasa sore waktu setempat. Kompleks Bab al-Azizya itu merupakan basis pertahanan kubu Khadafi di Tripoli. Namun pasukan pro Khadafi masih memberi perlawanan sengit.

Bab al-Azizya tidak hanya menjadi tempat tinggal Khadafi dan keluarga, namun juga punya barak militer dan gudang amunisi. Itulah sebabnya semua tank langsung dikerahkan di sekitar Bab al-Azizya begitu pasukan pemberontak masuk ke Tripoli pada Minggu kemarin. Namun pasukan pemberontak mendapat dukungan dari jet-jet tempur NATO sehingga berhasil dilumpuhkan sehingga mereka bisa menembus ke lapis pertama kompleks itu.

Menurut stasiun berita BBC, kompleks itu seluas 6 kilometer per segi dan berlokasi di selatan Tripoli dan di bagian utara bandara. Kompleks itu memiliki akses langsung ke fasilitas pemerintah di jantung Tripoli dan terhubung dengan jalan tol menuju Bandar Udara Internasional Tripoli. Menurut laporan stasiun berita CNN, kompleks itu dikabarkan memiliki bunker dan terowongan bawah tanah.

Sampai berita ini diturunkan keberadaan Khadafi dan keluarganya masih belum diketahui, apakah mereka masih berada di dalam kompleks atau sudah berada di tempat lain.

Di dalam kompleks itu, Khadafi dan keluarga memiliki sejumlah bangunan, seperti balai pertemuan untuk menggelar acara publik. Namun dalam laporan di WikiLeaks yang dipantau harian The Guardian, kompleks itu tidak semewah kediaman para pemimpin Arab lain.

Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini

Menurut stasiun berita Al Jazeera, pemberontak sangat ingin menguasai Bab Al Azizya karena selama ini menjadi tempat bagi Khadafi untuk memobilisasi massa. Kompleks itu memiliki alun-alun yang ditandai dengan sebuah patung dimana sebuah tangan raksasa meremukkan pesawat tempur musuh. 

Kompleks itu pernah menjadi sasaran pengeboman pesawat tempur AS pada 15 April 1986. Ketika itu AS melakukan serangan balas dendam kepada Khadafi atas teror bom di suatu bar di Jerman yang menewaskan sejumlah warga Amerika.

Khadafi luput dari serangan itu, namun seorang anak angkatnya tewas. Kini tempat itu diserbu pasukan pemberontak dengan dukungan NATO.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan [dok. Kemenko Marves]

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Presiden Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Ketua sekaligus anggota Dewan Sumber Daya Air Nasional.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024