Pemerintah Uruguay Mulai Jualan Ganja

Jumlah ganja legal di Belanda
Sumber :
  • VIVAnews/Arfi Bambani Amri

VIVAnews - Para penghisap ganja di Uruguay sekarang tidak perlu lagi sembunyi-sembunyi menghisap barang haram tersebut. Pasalnya, pemerintah negara itu telah melegalkan ganja dan bahkan memproduksinya untuk dikonsumsi rakyatnya.

Diberitakan Daily Mail,  pemerintah Uruguay akan memasok ganja untuk para pengguna dan hal ini diatur dalam hukum negara tersebut. Dalam peraturan baru, ganja akan diatur peredarannya dan dibatasi penggunaannya oleh pemerintah.

Untuk setiap paketnya seberat 40 gram, atau bisa dibuat 20 batang rokok ganja, Uruguay mematok harga sekitar Rp332 ribu. Para pembeli hanya boleh membeli satu paket setiap bulannya. Mereka akan ditandai dengan kartu barcode yang akan diserahkan setiap membeli.

Untuk memenuhi permintaan para pemadat, pemerintahan Presiden Uruguay Jose Mujica juga berencana menggarap perkebunan ganja seluas 150 hektar. Selain itu, pemerintah juga akan menerapkan standar kualitas agar ganja yang dijual tidak murahan.

Langkah ini dilakukan pemerintah Uruguay untuk mematikan sumber pendapatan para pengedar ganja ilegal. Para kartel narkoba di negara ini mulai meresahkan dengan kerap melakukan tindak kekerasan.

"Efek negatif dari mengkonsumsi mariyuana tidak lebih berbahaya dari kekerasan yang dipicu oleh perdagangan narkoba ilegal," kata Menteri Dalam Negeri Uruguay, Eduardo Bonomi.

Pemerintah Uruguay memperkirakan, sekitar 18.500 rakyat negara tersebut menghisap ganja setiap hari. (umi)

Sri Mulyani Prediksi Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,17 Persen
Ilustrasi bertemu calon mertua.

Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?

Pertanyaan muncul mengenai kapan tepatnya "usia tua" mulai terasa. Beberapa merasa sudah "tua" saat mencapai 40-an, sementara yang lainnya merasakannya setelah umur ini.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024