Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?

Ilustrasi bertemu calon mertua.
Sumber :
  • Freepik/Drazen Zigic

VIVA Tekno – Pertanyaan muncul mengenai kapan tepatnya "usia tua" mulai terasa. Beberapa merasa sudah "tua" saat mencapai 40-an, sementara yang lainnya merasakannya setelah menginjak 65 tahun. Menurut penelitian, persepsi umum tentang usia tua telah bergeser seiring waktu.

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Sebuah penelitian yang belum lama ini dipublikasikan menemukan bahwa saat ini, kita cenderung menganggap usia tua dimulai lebih lambat dari sebelumnya, meskipun tren ini mungkin tidak tetap.

DIlansir dari IFL Science, Jumat, 26 April 2024, ilmuwan dari Jerman, AS, dan Luksemburg menganalisis data dari lebih dari 14.000 partisipan dalam German Ageing Survey. Peserta yang lahir antara 1911 dan 1974 memberikan hingga delapan tanggapan selama 25 tahun, ketika usia mereka berkisar antara 40 dan 100 tahun.

Mengenal Dickmorphia, Istilah Bagi Kaum Pria yang Khawatir dengan Ukuran Penis Kecil

Ilustrasi tinggal bersama orang tua

Photo :
  • Istimewa
Kondisi Gaza Jauh Lebih Hancur Dibanding Kota di Jerman Pada Perang Dunia II

Salah satu pertanyaan utama, dan subjek makalah baru ini, adalah “Pada usia berapa Anda menggambarkan seseorang sebagai tua?”

Ketika ditanya pertanyaan ini pada usia 65 tahun, orang yang lahir pada tahun 1911 mengatakan bahwa usia tua rata-rata dimulai pada usia 71 tahun. Ketika pertanyaan tersebut diulangi kepada orang yang lahir pada tahun 1956 ketika mereka juga menginjak usia 65 tahun, mereka malah menetapkan ambang batas tiga tahun kemudian, yaitu 74 tahun.

Ilustrasi anak dan orangtua.

Photo :
  • Dokumentasi Halomoney

Dalam sebuah pernyataan, penulis pertama Markus Wettstein memberikan beberapa saran mengapa hal ini mungkin terjadi:

“Harapan hidup telah meningkat, yang mungkin berkontribusi pada timbulnya usia tua di kemudian hari. Selain itu, beberapa aspek kesehatan telah membaik seiring berjalannya waktu, sehingga orang-orang pada usia tertentu yang dahulu dianggap tua mungkin tidak lagi dianggap tua saat ini.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya