Seorang WNI Selamat dari Penyanderaan di Aljazair

Kilang gas Amena di Aljazair
Sumber :
  • REUTERS/Kjetil Alsvik/Statoil via Scanpix

VIVAnews - Seorang WNI karyawan kilang gas di Aljazair berhasil selamat dari penyanderaan oleh gerombolan bersenjata. Para penyandera berhasil diberantas oleh pasukan Aljazair, namun 30 sandera dilaporkan tewas.

Menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri Indonesia kepada VIVAnews, Jumat 18 Januari 2013, WNI berisinial AA tersebut bekerja untuk perusahaan minyak British Petroleum (BP) di kompleks tambang kilang gas kota Inamenas-Tigaritourine-Ilizi, Aljazair.

AA dibebaskan dalam kondisi selamat oleh para sandera. Kepala Bidang Politik KBRI Alger mengkonfirmasi semalam telah melakukan berbagai kontak dengan Pemerintah Aljazair maupun BP di Aljazair untuk kepastian perlindungan dan pembebasan AA.

"KBRI Alger menyampaikan bahwa AA telah berangkat menuju London kemarin malam untuk meneruskan perjalanan ke tanah air," tulis pernyataan Kemlu.

Penyerangan komplek tambang dan kilang gas yang dikelola secara bersama Aljazair Sonatrach, British Petroleum dan Norwegia Statoil ini terjadi pada hari Rabu pagi.

Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini

Sekitar 20-25 anggota teroris bersenjata menyerang area kilang gas dan terjadi kontak senjata dengan aparat keamanan. Dua orang berkebangsaan Inggris dan Aljazair terbunuh dalah kontak senjata dan tujuh orang lainnya terluka.

Kelompok bersenjata ini kemudian menyandera 41 orang pekerja berkewarganegaraan asing dan sekitar 200 pekerja Aljazair. 105 orang berhasil bebas termasuk AA.

Perkembangan terbaru, pasukan Aljazair menyerbu para teroris. Sebanyak 30 sandera tewas saat empat Jeep yang membawa mereka dibom tentara pemerintah. Sebanyak tujuh dari sandera tewas yang telah diidentifikasi adalah warga Jepang, Inggris dan Prancis. Sisa korban lainnya masih belum diketahui asalnya. (umi)

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan [dok. Kemenko Marves]

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Presiden Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Ketua sekaligus anggota Dewan Sumber Daya Air Nasional.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024