RI-Spanyol Tingkatkan Kerja Sama Penanganan Bencana

Menteri Pertahanan (Menhan) Purnomo Yusgiantoro
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Pemerintah Indonesia dan Spanyol sepakat untuk meningkatkan kerja sama dalam beberapa bidang. Di antaranya adalah dalam bidang penanganan bencana dan pertahanan maritim dan udara.

Hal ini disepakati dalam kunjungan Menteri Pertahanan Spanyol Pedro Morenes Eulates ke Indonesia. Eulates bertemu dengan Menhan RI Purnomo Yusgiantoro dan menandatangani kesepakatan kerja sama.

"Ini merupakan kerjasama yang penting bagi Indonesia karena negara kita kerap dilanda bencana. Dan ketika bencana terjadi, biasanya penanganan pertama kali dilakukan oleh pihak militer," ujar Purnomo, Rabu, 13 Februari 2013.

Purnomo mengatakan bahwa kerja sama ini masuk dalam ranah operasi militer non-perang. Sebelumnya Spanyol juga aktif membantu Indonesia ketika bencana tsunami terjadi di Aceh, Desember 2004 lalu.

Momen Shin Tae-yong Hibur Korea Selatan U-23 Usai Kalah Penalti

"Walau negara mereka jauh tetapi mereka rela membantu. Oleh sebab itu atas nama pemerintah Indonesia, kami mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada pemerintah Spanyol," tutur Purnomo.

Selain menyepakati kerja sama penanganan bencana, kedua negara juga sepakat meningkatkan hubungan komunikasi antar warga dan institusi Kementerian Pertahanan. Indonesia juga membuka kemungkinan untuk menjalin kerja sama yang lebih erat dalam teknologi terkait sektor pertahanan.

Kerja sama terakhir yang termaktup dalam kesepakatan tersebut menyangkut soal kerja sama di bidang industri pesawat terbang. Namun Purnomo menjelaskan walau kerjasama ini telah berjalan namun masih perlu payung hukum.

"Seperti yang kita ketahui, Indonesia dan Spanyol telah bekerja sama untuk membuat pesawat Casa 295, dan kami berharap ke depan akan terbangun kerja sama lain yang serupa," kata Menhan yang dilantik di tahun 2009 ini. (eh)

The All-New Citroen C3 Aircross

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

Pabrikan asal Prancis, Citroen baru saja meluncurkan The All New C3 Aircross untuk pasar Indonesia. Mobil ini dijual dengan harga terjangkau.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024