Uni Eropa Bantu RI Perbaiki Tata Kelola Pemerintahan

Uni Eropa ingin membantu Indonesia terapkan tata kelola pemerintahan baik
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rebecca Reifi Georgina

VIVA.co.id – Uni Eropa berkomitmen perluas kerjasama dengan Indonesia. Salah satu fokus kerjasama tahun ini adalah meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan di Indonesia agar makin efektif dan transparan.

Cara Eropa Pacu Keterampilan SDM Indonesia

Demikian ungkap Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Guerend. "Kami ingin meningkatkan kerja sama dengan Indonesia dalam pembangunan berkelanjutan dengan mempromosikan tata kelola pemerintahan," kata Guerend, di Hotel Le Meridien, Jakarta, Rabu, 11 Mei 2016.

Ia mengungkapkan Uni Eropa sangat berkepentingan mempromosikan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) kepada Indonesia. "Selain itu kami juga ingin fokus kerja di bidang perlindungan HAM, pemberdayaan SDM dan pemberantasan korupsi," kata Guerend.

Diplomasi Ekonomi Berhasil, Investasi Asing Meningkat Pesat

Sebagai salah satu cara untuk mendukung tercapainya tujuan tersebut, Uni Eropa bersama dengan Indonesia meluncurkan "Blue Book 2016" yang menampilkan berbagai keberhasilan yang sudah dicapai dengan dukungan dana bantuan pembangunan negeri Benua Biru itu untuk Indonesia.

Buku biru ini, kata Guerend, menyoroti hubungan bilateral dan kerja sama yang telah dilakukan selama ini antara negara Uni Eropa dengan Indonesia.

Kisah Manis Kerja Sama RI-Uni Eropa Atasi Kemiskinan

"Kami selalu mencoba untuk membantu dan mendukung negara lain dalam menghadapi tantangan yang ada. Kami berkomitmen untuk mengadopsi pembangunan berkelannuran dan selama 10 tahun terakhir ini UE telah berkontribusi lebih dari setengah miliar Euro untuk Indonesia mulai dari sektor pendidikan, good governance hingga ke upaya mengatasi perubahan iklim (climate change)," kata Guerend.

(ren)

 Indonesia-Visegard Business Forum 2019

RI Dorong Pebisnis Tingkatkan Interaksi dengan Eropa Tengah

Sambut baik arus investasi langsung dari negara-negara V4 ke RI.

img_title
VIVA.co.id
17 Oktober 2019