Thailand Siap Menyambut Raja Baru

Pangeran Maha Vajiralongkorn, Raja baru Thailand. Puterinya diangkat menjadi Dubes PBB bidang Narkoba dan Kejahatan.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Putera Mahkota Thailand Pangeran Maha Vajiralongkorn kembali ke Bangkok. Ia tiba di Bangkok pada Kamis, 30 Desember 2016, untuk dilantik menjadi raja.

Tajir Melintir, Ini Daftar 5 Raja Terkaya di Dunia

Vajiralongkorn kembali ke Bangkok dua hari setelah parlemen mengatakan akan mengundangnya untuk menjadi raja baru menggantikan ayahnya, Raja Bhumibol Adulyadej.

Di Bangkok, Vajiralongkorn akan bertemu dengan Ketua Parlemen Pornpetch Wichitcholchai pada Kamis siang, untuk mengikuti ritual pemakaman ayahnya. Ia juga diharapkan akan menerima undangan resmi dari parlemen untuk menerima tahta.  Menurut jadwal dari istana, Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha dan mantan Kepala Dewan Penasehat Kerajaan Prem Tinsulanonda akan menghadiri acara tersebut.

Jerman Tolak Raja Thailand Memerintah dari Negara Mereka

Menurut pejabat militer senior, Vajiralongkorn sudah tiba di Bangkok. "Kami bisa mengkonfirmasi pangeran sudah datang dari Bangkok, pagi ini," ujar seorang pejabat militer yang menolak disebut namanya, seperti dikutip dari Reuters, 1 Desember 2016.

Vajiralongkorn akan mendapat gelar Raja Rama X atau Raja ke-sepuluh dari 234 tahun Dinasti Chakri. Ia harus secara resmi menerima undangan dari parlemen sebelum resmi diumumkan sebagai raja. Menurut protokol istana, pengumuman resmi akan disampaikan segera oleh istana.

Demonstrasi Besar di Thailand Tuntut Reformasi Pemerintahan Monarki

Mendiang Bhumibol Adulyadej menjadi Raja Thailand dengan masa jabatan terpanjang. Ia wafat 13 Oktober lalu pada usia 88 tahun. Ayah Vajiralongkorn itu dianggap memiliki peran penting dalam menghidupkan kembali pamor monarki Thailand. Bhumibol dianggap berperan penting dalam menstabilkan kekuatan setelah puluhan tahun terjadi pergolakan politik dan kekerasan di Thailand.

(ren)

Permaisuri Bangsawan Thailand, Sineenat Wongvajirapakdi

Fakta Sineenat Wongvajirapakdi Selir Raja Thailand, Foto Syurnya Bocor

Publik Thailand dikejutkan dengan bocornya foto-foto syur dari selir raja Thailand, Sineenat Wongvajirapakdi

img_title
VIVA.co.id
29 November 2020