35 Orang Tewas dalam Serangan di Turki

Polisi dan tim medis saat beroperasi di Istanbul, Turki (foto ilustrasi)
Sumber :
  • REUTERS/Osman Orsal

VIVA.co.id - Sebanyak 35 orang tewas dan 40 lainnya terluka dalam sebuah serangan ke arah orang-orang yang sedang merayakan Tahun Baru di sebuah kelab malam di Istanbul, Turki, pada Minggu dini hari waktu setempat.

Dua Orang Tewas Akibat Longsor Salju di Turki Timur

Dikutip dari kantor berita Reuters, menurut Gubernur Istanbul, Vasip Sahin, penyerang menembak seorang polisi dan seorang warga saat masuk ke kelab di Distrik Ortakoy di Istanbul sebelum melepaskan tembakan di dalam gedung.

"Seorang teroris dengan senjata berjangkauan panjang ... secara brutal melancarkan serangan dengan menembakkan peluru ke orang-orang tak berdosa yang hanya merayakan Tahun Baru dan bergembira," kata Sahin kepada para wartawan di lokasi kejadian.

8 Fakta Menarik Hagia Sophia, Museum Jadi Masjid di Istanbul Turki

Sebanyak 500-600 orang diperkirakan berada di dalam kelab itu ketika serangan terjadi sekira pukul satu dini hari, sebagaimana dilaporkan CNN Turki. Beberapa di antara mereka melompat ke perairan Bosphorus untuk menyelamatkan diri dan diselamatkan polisi.

Puluhan ambulans dan kendaraan polisi dikerahkan ke kelab malam di kawasan kosmopolitan di bawah satu dari tiga jembatan penyeberangan Bosphorus, dan rumah bagi kelab malam, restoran dan galeri seni itu.

10 Fakta Kehidupan di Turki, No 9 Bikin Geleng Kepala

Reina adalah satu di antara kelab malam terkenal di Istanbul yang populer di kalangan warga lokal maupun turis.

Turki, bagian koalisi pimpinan Amerika Serikat yang memerangi kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), menghadapi banyak ancaman keamanan, termasuk tumpahan dari perang di negara tetangganya, Suriah. Negara itu sudah mengalami beberapa kali serangan dan pengeboman yang dituduhkan kepada ISIS dan militan Kurdi dalam beberapa bulan terakhir.

Istanbul

8 Fakta Menarik Tentang Kota Istanbul, Bukan Ibu Kota Turki?

Istanbul dikenal sebagai salah satu kota di dunia yang terkenal dengan sejarahnya dan letaknya yang unik antara Timur dan Barat, baik secara geografis dan budaya.

img_title
VIVA.co.id
31 Januari 2022