10-05-1940: Jerman Invasi Eropa Barat, Prancis Luluh Lantak

Pesawat bomber Jerman Heinkel He 111.
Sumber :
  • British Imperial War Museums

VIVA.co.id – Setelah okupasi terhadap Polandia, Jerman melanjutkan untuk menginvasi negara-negara Eropa lainnya. Setelah sempat berbulan-bulan tidak bergerak, tentara Jerman bergerak ke Eropa Barat dalam Periode Perang Dunia II tersebut.

Benci yang Mendalam, 5 Alasan Hitler Ingin Memusnahkan Umat Yahudi

Jerman sebelumnya menginvasi Denmark dan Norwegia pada tanggal 7 April 2010. Denmark pada saat itu sebagaimana dikutip dari laman resmi www.warmuseum.ca, langsung menyerah karena ancaman Kopenhagen, Ibu Kota negara itu, akan dibombardir.

Pada 10 Mei 1940, Jerman segera melancarkan serangan yang meluluhlantakkan Prancis, Belanda dan Belgia. Pasukan Jerman yang dibantu angkatan udara masuk menyerang melalui hutan-hutan di Eropa Barat seperti bukit Arden di timur Belgia ke Maginot di perbatasan.

Bisnis Ruang Angkasa Ternyata Seksi Juga

Jerman pada 21 Mei juga manjangkau kanal Inggris dan menguasai angkatan laut Inggris. Beberapa hari setelah itu diketahui sebagian tentara Inggris dan Prancis di Royal Navy tersebut dilaporkan bisa melarikan diri.

Tanggal 10 Mei menjadi awal mulai jatuhnya negara-negara Eropa wilayah barat oleh Jerman. Pada rentang waktu tersebut juga dicatat adanya sejumlah pesawat Kanada yang disebutkan mengevakuasi 19 tentara Inggris dari serangan Jerman. (one)
 
 

Jerman Peringatkan Rusia Jangan Sampai Serang Ukraina
Papan daftar harga bahan bakar minyak di California, AS

Daftar Negara Pengimpor Utama Minyak dan Gas Rusia

AS mengimpor lebih dari 20,4 juta barel minyak mentah per bulan dari Rusia dan termasuk produk turunannya. Namun Joe Biden kini melancarkan sanksi blokir minyak.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022