Wanita dan Anak-anak Rohingya Meregang Nyawa di Sungai

Penduduk etnis Rohingya terpaksa mengungsi setelah pecah konflik lagi di Myanmar.
Sumber :
  • REUTERS/Mohammad Ponir Hossain

VIVA.co.id – Penjaga perbatasan Bangladesh menemukan 20 mayat perempuan dan anak-anak Rohingya. Mereka korban kecelakaan perahu, yang terbalik saat membawa para pengungsi Rohingya, yang menyelamatkan diri dari konflik di Myanmar.

11 Warga Rohingya Meninggal di Perairan Barat Aceh, Menurut Laporan Imigrasi

Menurut kantor berita Reuters, jenazah 11 anak dan sembilan perempuan tersebut terdampar di pinggir Sungai Naf di Bangladesh, yang memisahkan negara itu dengan Myanmar. Sementara perahu yang ditumpangi dalam posisi terbalik.

Di distrik perbatasan Bangladesh, Cox's Bazar, kamp darurat untuk pengungsi yang dipindahkan sejak Oktober lalu diperluas untuk mengakomodasi ribuan orang yang datang dalam seminggu terakhir.

6 Jenazah Diduga Pengungsi Rohingya Kembali Ditemukan di Perairan Aceh

Salah satu pendatang, Mohammed Rashid (45) mengakui harus dioperasi di bagian mata akibat terkena serpihan peluru yang menghantamnya setelah tentara Myanmar melepaskan tembakan ke arah kelompok Rohingya.

Insiden ini terjadi di tengah meningkatnya tekanan di Bangladesh untuk melindungi ribuan orang yang terdampar di perbatasan negaranya. Menurut Organisasi Internasional untuk Migrasi atau IOM, sekitar 18.500 warga Rohingya yang sebagian besar dalam kondisi sakit telah berhasil menyelinap ke Bangladesh.

3 Mayat Diduga Imigran Rohingya yang Mengapung di Laut Aceh Dievakuasi Tim SAR

Mereka melarikan diri dari Myanmar setelah serangkaian serangan terkoordinasi oleh gerilayawan Rohingya terhadap pasukan keamanan di utara negara bagian Rakhine, Myanmar yang menyebabkan militer melakukan perang terhadap teroris dan berimbas pada warga sipil.

Sementara itu, aparat Myanmar telah mengevakuasi ribuan umat Buddha Rakhine dari daerah tersebut dan bentrokan sejauh ini telah menewaskan setidaknya 117 orang yang kebanyakan merupakan gerilyawan atau kelompok pemberontak dari Rohingya. (ren)

Pengungsi Rohingya di Gedung Balee Meuseuraya Aceh. VIVA/Dani Randi

Pengungsi Rohingya Tetap Dibantu tapi RI Perhatikan Kepentingan Nasional, Menurut Kemenkumham

Kemenkumham Aceh menegaskan penanganan pengungsi etnis Rohingya di sejumlah tempat di provinsi Aceh tersebut harus tetap memperhatikan kepentingan nasional.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024