Wajah Idul Adha di Berbagai Belahan Dunia

Ilustrasi salat Idul Adha
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA.co.id – Idul Adha 1438 Hijriah yang jatuh pada tanggal 1 September 2017 diperingati umat Islam di berbagai belahan dunia. Hari raya yang juga dikenal sebagai Hari Raya Haji ini bertepatan dengan proses ibadah dan ziarah Haji di Mekah.

Pedagang Hewan Kurban di Bekasi Akan Jalani Rapid Test

Berbagai cara dilakukan umat Islam merayakan hari raya tersebut. Namun yang wajib adalah melaksanakan salat Idul Adha pada pagi harinya. Setelah itu, umat Islam melakukan penyembelihan hewan kurban baik sapi, kerbau maupun kambing dan biasanya dibagikan kepada orang-orang yang kurang mampu.

Idul Adha merupakan peringatan peristiwa Nabi Ibrahmi yang rela mengorbankan anaknya kepada Tuhan dan kerelaannya itu diterima hingga kurban anak itu pada akhirnya digantikan hewan kurban.

Dokter Hewan Sebut Sapi Kurban Jenis Bali Wajib Tes PCR

Kondisi jelang dan pada hari Idul Adha di berbagai negara cukup berbeda, termasuk kebiasaan warga setempat. Di Mesir contohnya dibuka pasar besar khusus untuk menjual hewan kurban yang disebut sebagai pasar Ashmun sebagaimana dilansir BBC.

Sementara orang India khususnya perempuan muslim India menggunakan henna pada hari raya ini.

Muhammadiyah Anjurkan Salat Idul Adha Digelar di Rumah

Di berbagai negara termasuk di Indonesia, salat Idul Adha biasanya dilakukan di halaman atau tanah lapang agar bisa menampung jumlah jemaah yang cukup besar.

Di China, umat Islam setempat juga tak ketinggalan menyiapkan hewan kurban namun pada umumnya didominasi kurban kambing.

Sapi kurban Jokowi melewati karpet merah di Masjid Al Akbar Surabaya, Jawa Timur, pada Senin, 12 Agustus 2019.

Panduan Penyembelihan Hewan Kurban yang Aman dari Covid-19

Kemenag mengeluarkan panduan Salat Idul Adha dan kurban saat pandemi

img_title
VIVA.co.id
1 Juli 2020