Patung Pak Karbol di FKUI Salemba Hilang

VIVAnews - Patung dada Pahlawan Nasional Dr Abdulracham Saleh yang biasa dikenal sebagai Pak Karbol yang teletak di halam depan Fakultas Kedokteran UI Salemba hilang.

Rupanya patung yang terbuat dari perunggu yang bagian depannya terdapat prasasti granit dilapisi logam, sudah tidak berada ditempatnya pada Sabtu 13 Febuari 2010 pagi.

Menurut kepala keamanan kampus UI Salemba, Dadan Erwandi, hingga kini masih diselidiki bagaimana patung itu bisa hilang.

"Harus dibongkar dengan alat dan butuh waktu lama. Bisa saja ada oknum orang dalam atau justru petugas tidak melakukan patroli," ujar Dadan saat dihubungi VIVAnews, Senin 15 Febuari 2010.

Menurutnya, siang ini akan diadakan investigasi dan telah dibentuk tim untuk memeriksa sejumlah petugas untuk mengetahui secara detail kronologis hilangnya patung itu.

"Agar kita lebih objektif mengambil keputusan," ujarnya lagi.

Prof Abdulrachman Saleh lahir di Jakarta 1 Juli 1909 dan mendapat gelar pahlawan pada masa Presiden Soeharto. Jasanya pada bidang kedokteran dirintis sejak STOVIA, yang kemudian menjadi cikal bakal FKUI.

Patung Pak Karbol dibangun atas kerjasasama FKUI, TNI AU dan Radio Republik Indonesia (RRI) dan diresmikan Wapres Jusuf Kalla pada 4 September 2006.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial
Kim Min-jae saat Napoli melawan Inter Milan

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

Pada Senin, 22 April, Inter Milan meraih Scudetto ke-20 dalam sejarah mereka, dan cara mereka memastikannya tidak bisa lebih memuaskan lagi.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024