UN Dipastikan Tak Ada Kebocoran

VIVAnews – Di sela-sela pemantauan pelaksanaan Ujian Nasional hari pertama di Ibukota Jakarta, Senin 22 Maret 2010, Ketua Tim Pemantau Independen UN Bejo Sujanto memastikan tidak ada kebocoran kunci jawaban.

“Kalau ada berita masih ada soal yang bocor, itu bohong,” kata Beno ketika mendampingi Gubernur DKI Fauzi Bowo melakukan pemantauan UN.

Sebab, kata Beno, setiap ruang kelas diawasi oleh satu tim independen  yang bekerja tanpa pandang bulu atau memihak pengelola sekolah juga pemerintah.

Untuk di Jakarta, jumlah tim pemantau independen yang diturunkan sebanyak 2.364 anggota.

Hal senada diungkapkan Fauzi Bowo. Katanya, sejauh ini pemerintah juga belum mendapat laporan indikasi jatuhnya jawaban kunci ujian ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab.

Kemudian, dia menambahkan kebijakan penyelenggaraan UN tahun ini, ada beberapa hal yang berbeda dengan ujian tahun lalu. Yakni, kepada siswa yang hasil ujiannya tidak memenuhi standar, mereka masih diberi kesempatan mengikuti UN ulangan.

Kemudian, bila tahun lalu anggota tim pengawas independen pada UN tidak bisa masuk ke kelas, maka tahun ini mereka diizinkan.

“Pengawas dan peserta ujian tahun ini juga tidak boleh membawa apapun ke kelas, selain alat tulis. Kalau tahun lalu, kan, pengawas masih boleh bawa HP,” katanya.

Perubahan itu merupakan kebijakan dari Kementerian Pendidikan Nasional.

Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan [dok. Kemenko Marves]

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Presiden Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Ketua sekaligus anggota Dewan Sumber Daya Air Nasional.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024