Tiket Kereta Bisa Dibeli di Indomaret

Informasi tiket kereta api
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

VIVAnews - PT Kereta Api KA menyediakan layanan pembelian dan pemesanan tiket kereta api kelas eksekutif dan bisnis secara online pada gerai Indomaret. Menurut Direktur Komersial PT KA, Sulistyo Wimbo Hardjito, upaya ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat agar mudah memperoleh tiket.

"Untuk mengikuti selera konsumen yang sudah akrab dengan teknologi informasi," ujar Sulistyo saat meresmikan layanan itu di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Selasa, 14 Juni 2011.

Sulistyo berharap dengan sistem ini, kedepannya pembelian atau pemesanan dapat dilakukan kapan dan di mana saja termasuk lewat telepon genggam. Selain itu kios tiket (vending machine) juga akan di tempatkan di stasiun maupun di pusat perbelanjaan. Untuk saat ini, pemesanan tiket melalui Indomaret dapat dilakukan pada H-30 sampai dengan H-1 keberangkatan.

Dia menjelaskan, konsumen yang hendak membeli tiket dapat langsung mendatangi gerai Indomaret yang tersebar di seluruh wilayah Jawa. Cara pemesanan dilakukan dengan memberi informasi mengenai nama calon penumpang, identitas, nama kereta api yang akan digunakan, asal dan tujuan perjalanan, tanggal dan jam keberangakatan, jumlah penumpang yang akan berangkat (maksimum emapat tempat duduk) dan kelas yang diinginkan.

"Setelah melakukan transaksi akan mendapat kode booking atau bukti pembayaran dari Indomaret yang bisa langsung ditukar dengan tiket di stasiun pemberangkatan," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Marketing PT Indomarco Pristama selaku manajemen Indomaret, Wiwiek Yusuf mengatakan pembelian tiket cara ini merupakan solusi untuk mencegah masyarakat mengantre berjam-jam di Stasiun saat menjelang Hari Raya atau pun musim liburan.

"Kini maysrakat tidak perlu lagi antre berjam-jam, bahkan menginap di stasiun, karena sudah ada layanan ini," ungkap Wiwiek.

Wiwiek menjelaskan saat ini terdapat 4.570 toko Indomaret yang tersebar di pulau Jawa, yang bisa melayani para calon penumpang.

"Dengan kerjasama ini calon penumpang tak perlu lagi mengantre berdesakan di stasiun. Mereka bisa membeli langsung di kasir Indomaret atau e-kios. Layanan ini bisa memberikan kenyamanan dan kemudahan yg berarti," katanya.

Sedangkan, untuk pembelian tiket melalui telepon genggam bisa menghubungi contac center 121 dari telepon rumah atau 021-121 dari telepon genggam. Calon penumpang akan memperoleh kode pemesanan. Pembayaran dapat dapat dilakukan di ATM maksimal setelah 3 jam mendapat kode booking. Selanjutnya bukti pembayaran ATM dapat dilakukan di loket stasiun pada saat sebelum atau hari keberangkatan.

Bey Machmudin Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Indonesia Digital Test House
VIVA Militer: KSAL Muhammad Ali resmikan 2 Kapal Patroli PC 40 untuk TNI AL

TNI AL Kembali Diperkuat 2 Kapal Perang PC 40 Terbaru Buatan Dalam Negeri

Dua kapal perang jenis PC 40 itu diresmikan langsung oleh Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali di galangan Batam

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024