Vihara Sakya Sakti Terbakar, Imlek Dipindah

Latihan Evakuasi Gedung
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Dua kebakaran hebat melanda dua lokasi di Jakarta Utara, Senin, 16 Januari 2012. Setelah membakar 40 rumah warga di kawasan Rawa Bebek, Penjaringan, api kini melalap Vihara Sakya Sakti di Jalan Wijaya RT 03 RW 07, Penjagalan, Penjaringan, Jakarta Utara.

Menurut Mulya, 40 tahun, saksi mata yang berada tak jauh dari lokasi kejadian menjelaskan, api pertama kali terlihat dari atap tempat ibadah umat Buddha itu.

"Saya lihat kepulan asap keluar dari atap. Ada empat orang di dalam dan langsung saya beritahu. Sudah coba dipadamkan, tapi sudah besar," katanya.

Kebakaran langsung membuat warga berkumpul dan bergotong-royong memadamkan api yang terus membesar. Pemadam kebakaran mengerahkan 19 unit mobil DPK ke lokasi kejadian untuk memadamkan api.

Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Utara, Nurdin Silalahi menjelaskan, asal api dari korsleting listrik. Tapi ada dugaan lain, api yang membakar bangunan seluar 60X10 meter itu dari tempat sembahyangan.

"Tapi bisa juga berasal dari ruang sembahyang. Banyak dupa di ruang itu. Bagian atap habis terbakar," terangnya.

Tidak ada korban jiwa pada peristiwa itu, tapi menurut Nurdin, kerugian ditaksir lebih dari Rp100 juta.

Mamat Pandi, Ketua RT 03 yang juga pengurus Vihara itu mengatakan, perayaan imlek di Vihara Sakya Sakti kemungkin ditiadakan. Perayaan imlek bagi 200 umat akan dipindahkan ke Vihara Kawi Sakti yang terletak di sebelah vihara yang terbakar. Laporan: Arnes Ritonga | Jakarta Utara (adi)

Hari Ini 172 Kampus Muhammadiyah Serentak Gelar Aksi Bela Palestina dan Kutuk Israel
Pose Nikita Mirzani bersama Rizky Irmansyah

Saling Sindir di Medsos, Nikita Mirzani Bongkar Aib Rizky Irmansyah: Tukang Kibul, Jago Ngomong

Nikita Mirzani di Instagram Storynya menuduh Rizky Irmansyah memanfaatkan namanya untuk keuntungan pribadi, yaitu menggunakan namanya untuk melakukan perawatan di klinik.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024