Waspada, Kejahatan Meningkat Saat Puasa

Lalu Lintas Semrawut Akibat Lampu Mati
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Meningkatnya kebutuhan hidup saat memasuki bulan suci Ramadan, banyak dimanfaatkan pelaku kejahatan untuk menjalankan aksi. Sebagian dari pelaku bahkan nekat melakukan aksinya dengan berbagai cara.

Seperti tahun sebelumnya, aksi kejahatan selama puasa akan terjadi dengan cara dan modus yang bervariasi. Karena itu, Kepolisian Daerah Metro Jaya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu waspada dan tidak memberi kesempatan kepada pelaku kejahatan untuk beraksi.

Tidak memakai barang-barang berharga seperti emas di tempat-tempat keramaian menjadi salah satu cara untuk menghindar dari sasaran kejahatan.

"Saat puasa diprediksi kriminalitas akan lebih tinggi, mengingat kebutuhan sehari-hari juga meningkat," kata Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Agung Budi Maryoto, Kamis, 19 Juli 2012.

Dari catatan Biro Operasi Polda Metro Jaya, kejahatan yang paling menonjol atau paling sering terjadi saat bulan puasa adalah pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan dan hipnotis.

"Paling sering ditemukan tiga jenis kejahatan itu. Kalau untuk hipnotis biasa terjadi di angkutan umum," kata Agung lagi.

Guna mempersempit ruang gerak pelaku kejahatan, polisi akan menggelar patroli dalam skala besar. Mulai jam menjelang buka puasa dan menjelang sahur. Waktu tersebut yang dianggap paling rawan aksi perampokan.

Selain pengamanan yang akan dilakukan pihak kepolisian, masyarakat diminta turut menjaga keamanan lingkungan mulai dari pemukiman, jalan umum, perkantoran, pertokoan dan sekolah.

Masyarakat juga diminta tidak mudah percaya dengan orang yang belum dikenal. Waspada akan bahaya lebih penting ketimbang menjadi korban kriminalitas. Kejahatan diperkirakan meningkat jauh lebih banyak terutama menjelang hari raya.

"Jika ada yang ingin meninggalkan rumah untuk waktu yang cukup lama, usahakan rumah dititipkan sekuriti atau tetangga. Barang berharga disarankan untuk dibawa atau dititipkan di tempat yang paling aman," kata Agung. (umi)

Keren! Mbah Wahyuni, Pendaki Berusia 71 Tahun yang Sudah Taklukkan Banyak Gunung di Indonesia
Kris Dayanti

Bulu Mata, Salah Satu Kunci Penampilan Kris Dayanti

Meskipun telah menikah selama beberapa tahun, Kris Dayanti menegaskan pentingnya menjaga penampilan dan kebersihan diri di hadapan suami.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024