Batal Rusun di Atas Ciliwung, Jokowi Bangun Rusun Cilincing

Jokowi Tinjau Rusun Tanah Tinggi
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggandeng Kawasan Berikat Nusantara (KBN) untuk membangun kawasan rumah susun (rusun) di wilayah Cilincing, Jakarta Utara. Pembangunannya sendiri akan dimulai pada awal tahun 2013 nanti.

"Maret dimulai, sebanyak 350 unit untuk satu tower, ini sebagai pengganti lokasi rusun di atas Kali Ciliwung," kata Direktur Pemasaran dan Pengembangan KBN, Teddy Robinson di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu, 5 Desember 2012.

Disampaikan Teddy, untuk pembangunan rusun Cilincing akan menghabiskan dana hingga Rp98 miliar. Selain dengan KBN, kerjasama juga akan dilakukan dengan Kementerian BUMN.

"Ada dua tower yang dibangun, anggarannya Rp98 miliar," katanya.

Konsep rusun itu sendiri tidak jauh berbeda seperti yang pernah diungkapkan oleh Jokowi yaitu konsep rusun terpadu. Di lantai dasar rusun akan dibangun sebuah pasar yang dilengkapi puskesmas dan ruang terbuka.

"Rusun ini dikorelasikan antara kawasan bisnis dan transportasinya. Kita mau berdayakan logistik, kita mau pertimbangkan dengan peti kemas," katanya.

Sebelumnya, Pemprov DKI berencana untukĀ  membangunan rusun di atas dan sekitaran Kali Ciliwung. Namun itu harusĀ  dibatalkan lantaran dianggap melanggar Peraturan Pemerintah (PP) No 42 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sumber Daya Air yang mengatur penggunaan sungai dan dampak yang timbul kelak.

Jokowi mencari alternatif lain dengan menyediakan lahan untuk pembangunan enam tower rusun di wilayah Kawasan Berikat Nusantara (KBN). Pembangunan enam tower rusun tersebut akan menggandeng tiga BUMN yaitu, PT KBN, PT Hutama Karya, dan PT Perumnas. (adi)

MIC Kembali Hadir Meriahkan Hari KI Sedunia Ke-24 Tahun 2024
wawancara Ketum PSSI, Erick Thohir dengan Aljazeera

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir membeberkan kunci keberhasilan Timnas Indonesia tampil impresif dalam melakoni sejumlah laga di Piala Asia U-23 2024 Qatar.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024