265 RW di Jakarta Masih Kumuh

VIVAnews - Jakarta sebagai Ibukota negara rupanya belum bisa menghilangkan kawasan kumuh yang mengelilingi gemerlapnya. Tercatat ada sekitar 265 rukun warga yang masih kumuh.

Walikota dari lima wilayah ditambah dengan Kepulauan Seribu menyampaikan kawasan kumuh yang ada di wilayahnya dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) DKI Jakarta, kepada Gubernur DKI Jakarta, Selasa 5 Mei 2009.

Walikota Jakarta Barat Djoko Ramadhan dalam paparannya mengatakan, ada sekitar 97 RW kumuh yang berada di 40 kelurahan dan delapan kecamatan di Jakarta barat.

"Wilayah Jakarta Barat salah satu wilayah paling padat penduduknya. Ada sekitar 400 jiwa untuk satu hektar.

Kawasan kumuh itu antara lain berada di Tambora. Warga di kawasan itu harus membagi aktivitasnya pagi dan siang agar tempat untuk istrahat bisa diatur. 

Djoko mengharapkan pembangunan rumah susun segera direalisasikan agar wilayah kumuh dapat hilang.

Di wilayah Jakarta Selatan ada 44 RW kumuh yang terdiri dari 31 RW kumuh dalam keadaan sedang dan 13 RW kumuh dalam keadaan ringan.

Terpopuler: Konversi Motor Listrik Tidak Gratis, Harga Innova Zenix Naik

"Pada 2010 jumlah RW kumuh akan ditekan hingga 23 RW. Kami berusaha agar wilayah kumuh tidak ada lagi,” ujar Walikota Jakarta Selatan, Syahrul Effendi.

"Untuk kawasan Jakarta Timur, ada sekitar 51 RW kumuh yang harus mendapatkan perhatian khusus," ujar Walikota Jakarta Timur, Murdhani.

Sylviana Murni selaku Walikota Jakarta Pusat mengatakan, ada 69 RW di Jakarta Pusat yang kumuh dan terdiri dari 24 kumuh rigan, 41 kumuh sedang dan 4 kumuh berat.

“Kepulauan Seribu, dari 24 RW terdapat 4 RW termasuk RW kumuh,” ujar Bupati Kepulauan Seribu Abdul Rahman Andit.

Walikota Jakarta Utara, Bambang Sugiono tidak memaparkan berapa jumlah kawasan kumuh di wilayahnya. Padahal sudah bukan rahasia umum lagi bahwa Jakarta Utara mengantongi image sebagai kota terkumuh di Jakarta.

Berdasarkan data 2008, tercatat ada 79 RW kumuh di Jakarta Utara. Diantaranya di Marunda, Rorotan, Cilincing dan Kebon Bawang.

2 Kapal Vietnam Diamankan KKP Terkait Penangkapan Ikan Ilegal di Perairan Natuna
Pemain Oxford United merayakan gol

Oxford United Tumbangkan Peterborough di Semifinal Playoff League One Inggris

Oxford United berhasil meraih kemenangan semifinal playoff leg-1 League One Inggris musim 2023-2024, melawan Peterborough 1-0 di Stadion Kassam, Minggu dini hari, 5 Mei.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024