Perluasan Zona Bebas Motor Tunggu Bus Gratis

Ilustrasi penindakan kepolisian.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
DKI Perluas Zona Larangan Sepeda Motor di Jakpus
- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menegaskan realisasi perluasan kawasan steril atau zona bebas dari kendaraan sepeda motor masih menunggu dicukupinya armada-armada bus tingkat gratis.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Karenanya, pria yang akrab disapa dengan panggilan Ahok itu berencana menambah bus tingkat gratis sebagai sarana transportasi pengganti motor bagi warga yang ingin melalui jalur steril.
Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050


"Saya harus menyediakan bus yang akan lewat setiap 10 menit sekali, jadi tidak ada orang yang menunggu lama," ujar Ahok di Balai Kota Jakarta, Kamis 6 Agustus 2015.


Untuk memaksimalkan rencananya itu, Ahok tengah mempersiapkan kawasan parkir motor dalam gedung bertingkat, layaknya di beberapa pusat perbelanjaan di kota.


Dengan adanya gedung parkir, pengendara sepeda motor dapat memarkirkan kendaraannya dan melanjutkan perjalanan menggunakan bus tingkat.


"Kami sedang siapkan dan mendorong pembangunan tempat parkir tingkat seperti di Plaza Indonesia, jadi motor-motor bisa masuk ke sana, jalan jadi kosong (dari motor)," ujar Ahok.


Selain itu, perluasan zona bebas kendaraan sepeda motor juga akan dilakukan bersaaan dengan penerapan jalan berbayar atau
Electronic Road Pricing
(ERP).


"Dalam waktu dekat sih belum. Tapi nanti akan berbarengan dengan penerapan ERP. Jadi sekalian," kata Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta Andri Yansyah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya