Kiriman Air dari Katulampa Tiba di Manggarai Sore Ini

Pintu air Katulampa Bogor.
Sumber :
  • VIVAnews/Ayatullah Humaeni

VIVA.co.id - Intensitas hujan yang tinggi sejak dinihari tadi di kawasan Kota Bogor, membuat debit air di Pintu Air Katulampa terus meningkat. Sejak pagi tadi, status siaga di bendungan Kali Ciliwung di dekat Bogor kota itu ditingkatkan dari siaga IV menjadi Siaga III. 

Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Kian Parah

Dilansir dari situs resmi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta, bpbd.jakarta,go.id, Minggu 28 Februari 2016, debit air di Katulampa naik signifikan dari 20 cm/H pada pukul08.00 menjadi 802 cm/H sekitar 8.45 pagi tadi. 

"Diperkirakan sekitar 6-9 jam kemudian air akan sampai di Pintu Air Manggarai," tulis keterangan tersebut. 
Beberapa Ruas Jalan Jakarta Tergenang Air Usai Diguyur Hujan
 
Akibat kenaikan debit tersebut, diperkirakan sore atau malam ini kiriman air dari pintu air tersebut akan sampai di Pintu Air Manggarai. Sebagian wilayah di sekitar diperkirakan akan terkena dampak kiriman tersebut. 
Katulampa Siaga I, Jakarta Tak Akan Diterjang Banjir Besar
 
Daerah-daerah yang berisiko banjir antara lain, Rajawali, Cawang, Kalibata, Pengadegan, Pejaten Timur, Kebon Baru, Bukita Duri, Bidara China, dan Kampung Melayu. 
 
Di Pintu Air Karet, statusnya pun telah ditingkatkan dari siaga IV menjadi siaga III, dengan peningkatan debit air dari 410 cm/H menjadi 470 CM/G. derah yang akan terdampak dari kenaikan debit tersebut antara lain, Matraman Dalam, Kalipasir Kwitang, Jati Pinggir, Jatipulo, dan Tomang Rawa Kepa. 
 
Sementara itu di Pintu Air Angke Hulu statusnya telah naik dari siaga IV menjadi siaga III dengan penambahan debit air dari 140 cm/H menjadi 210 cm/G. Saat ini diperkirakan kawasan Duri Kosambi, Rawa Buaya, Green Garden, dan Cengkareng juga terkena banjir.  
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya