Pilkada Jakarta 2017

SMRC: Ahok Kalah Ganteng Dibanding Agus dan Anies

Para calon gubernur dan wakil gubernur untuk Pilkada DKI Jakarta 2017.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Petahana calon Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau sering disapa Ahok masih unggul dibanding Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yuhoyono. Hal itu berdasarkan hasil survei Saiful Mujani Research And Consulting (SMRC).

Partai-partai Pengusung Anies Sudah Sangat Cair dan Bisa Gabung Prabowo, Menurut Pengamat

Direktur Program SMRC, Sirajuddin Abbas, mengungkapkan keunggulan elektabilitas terlihat dari alasan masyarakat memilih kandidat calon Gubernur Jakarta atas sifat kepemimpinannya.

"Pertama jujur, bisa dipercaya dan bersih dari korupsi. Ahok 64 persen, Agus 44 persen, Anies 52 persen," kata Abbas di kawasan Thamrin, Jakarta, Kamis, 20 Oktober 2016.

PKS Terbuka untuk Bertemu Prabowo tapi Bukan untuk Menyusul PKB

Alasan kedua masyarakat memilih adalah orang yang dianggap mampu memimpin DKI Jakarta. Ahok 75 persen, Agus 46 persen dan Anies 53 persen.

Alasan ketiga, perhatian pada rakyat, Ahok 65 persen, Agus 31 persen dan Anies 54 persen. Alasan keempat tegas dan berwibawa, Ahok 88 persen, Agus 75 persen dan Anies 58 persen.

Kehadiran Anies dan Muhaimin di KPU Tunjukkan Kedewasaan Politik meski Pahit, Menurut Pengamat

Alasan kelima pintar atau berwawasan luas, Ahok 89 persen, Agus 74 persen dan Anies 88 persen. Alasan keenam, ramah dan santun. Ahok mendapat poin rendah 42 persen, Agus 72 persen dan Anies 80 persen.

Alasan ketujuh enak dipandang, Agus unggul di sini. Dalam alasan ini Ahok hanya mendapat 71 persen, Agus 84 persen dan Anies 77 persen. Dari survei sifat pimpinan ini 0,8 persen responden tidak memberikan jawaban.

Citra Ahok lebih tinggi dari Anies dan Agus dalam perhatian pada rakyat, jujur, bisa dipercaya dan bebas dari korupsi, tegas berwibawa dan mampu memimpin.

"Dalam citra pintar atau berwawasan luas, Ahok hampir sama dengan Anies. Sementara dalam citra ramah santun dan enak dipandang atau ganteng, Ahok lebih rendah dari, Agus dan Anies," tuturnya.

Survei opini publik ini dilakukan SMRC dari tanggal 1-9 Oktober 2016. Dengan jumlah responden 648 orang yang ditarik secara multistage random, margin eror +/- 3,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya