Pengemis di Gambir dengan Perhiasan Jutaan Rupiah Ditangkap

Ani, pengemis pemilik perhiasan jutaan rupiah.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Danar Dono

VIVA.co.id – Petugas Pelayanan, Pengawasan, dan Pengendalian Sosial Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat melakukan penjaringan terhadap seorang pengemis perempuan dengan perhiasan emas berharga Rp8,4 juta.

Viral Kang Dedi Bongkar Pengemis Pura-pura Cacat dan Punya 2 Motor

Perempuan ini berhasil ditemukan di sekitar Rumah Sakit Budi Kemulyaan Gambir, Jakarta Pusat, pada Jumat, 16 Desember 2016.

Selain perhiasan emas, pengemis perempuan yang diketahui bernama Ani turut juga membawa uang tunai. Petugas mendapatinya membawa uang tunai sekitar Rp1,05 juta.

Ayu Ting Ting Disebut Pelit ke Pengemis, Ayah Rozak Bereaksi

Susana Budi Susilowati, Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat, mengungkapkan perhiasan itu terdiri dari satu kalung emas, tiga gelang emas, sepuluh cincin emas kuning, satu pasang anting dan satu cincin putih.

Saat ini pihaknya masih melakukan assesmen terhadap Ani di Kantor Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat.

Viral, Kurang Setoran Ngemis Nenek Jambak dan Tampar Cucu Pakai Tas

Saat dilakukan dicecar beberapa pertanyaan, perempuan itu kerap berbohong. Bicaranya kadang berubah-ubah.

"Bilangnya ini hasil memulung. Nanti berubah lagi hasil sedekah orang. Terus ditanya sehari dapatnya cuma Rp7 ribu," kata Susan.

Ani tertangkap basah ketika sedang mengemis dengan posisi tangan di atas dan duduk di pinggir jalan raya dekat Rumah Sakit Budi Kemulyaan.

"Kebetulan petugas kami Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Jakarta Pusat lewat situ. Jadi ketangkap basah dia. Kami panggil petugas lapangan dan langsung menjangkaunya," ujar Susan.

Selanjutnya, Ani akan dibawa ke Panti Sosial Bina Insan untuk mendapatkan pembinaan. Ia juga akan menandatangani surat perjanjian bermaterai agar tidak mengemis di jalanan lagi.

Jika kedapatan mengemis lagi, dia akan dibawa ke ranah hukum kepolisian.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya