Kapolda dan Pangdam: Jakarta Hari Pilkada ini Aman Kondusif

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan dan Pangdam Jaya Mayjen Teddy Lhaksmana
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Bayu Nugraha

VIVA.co.id – Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol M Iriawan, mengungkapkan kondisi Jakarta pada Hari Pilkada ini aman dan kondusif, termasuk usai pemungutan suara. Dia memastikan itu usai memantau Ibu Kota sejak pemungutan suara pagi tadi.

Golkar Ngotot Ajukan Kader Internal di Pilgub Jakarta 2024

"Perlu kami sampaikan sampai sore ini pukul 18 lewat 10 menit situasi Jakarta Raya dan sekitarnya dalam keadaan aman dan kondusif," kata Iriawan dalam jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Rabu 15 Februari 2017.

Mantan Kapolda Jawa Barat ini mengaku sudah memantau situasi keamanan Jakarta dalam Pilkada mulai pagi tadi. Dia bersama Kapolri, Pangdam Jaya dan beberapa perwakilan anggota DPR memantau beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Novel Bamukmin: Iwan Bule Biang Kerok Kasus Habib Rizieq

"Pagi hari jam 09.00 tadi kami sudah keliling kota bersama Kapolri, komisi III DPR dan Pangdam Jaya mengunjungi beberapa TPS. alhamdulillah pencoblosan surat suara berjalan lancar. Kemudian setelah itu kita memonitor penghitungan suara sampai jam 15 selesai. Kemudian kami jam 14 patroli keliling kota, semua daerah kami lewati. Dan situasi berjalan normal, lancar, artinya kegiatan masyarakat berjalan seperti biasa," katanya.

Melihat kondisi aman Jakarta, Iriawan pun tak lupa mengucapkan terima kasih kepada masyarakat DKI yang turut menyukseskan Pilkada DKI.

Balas Serangan SBY, Moeldoko: Saya Bisa Pertanggungjawabkan

"Saya Kapolda Metro Jaya dan Panglima Kodam Jaya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang bersama-sama dengan kami menciptakan situasi kondusif di ibukota ini. Tentunya tanpa dibantu oleh masyarakat, ibukota yang kita cintai ini tidak aka tercipta situasi yang kondusif," ucapnya.

Ia pun berharap masyarakat tetap tenang menunggu hasil penghitungan Pilkada meskipun dari hasil hitung cepat sudah diketahui hasilnya.

"Masih ada kegiatan lainnya yaitu fase berikutnya sampai dengan nanti perhitungan suara resmi akan dilakukan oleh KPU. Mari kita jaga terus situasi kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) yang damai, situasi yang terkendali," katanya.

Hal yang sama juga diutarakan oleh Pangdam Jaya, Mayor Jenderal Teddy Lhaksmana. Menurut dia, kondisi Jakarta usai pemungutan suara dalam keadaan aman dan damai.

"Mulai dari pemungutan suara hingga penghitungan suara di TPS sejauh ini semuanya berjalan tertib, aman dan lancar, tidak ada kendala yang berarti, tidak terdapat kemacetan, dan tidak ada pengumpulan massa. Semua berjalan dengan kondusif," kata Teddy.

Ia pun mengapresiasi masyarakat, media serta pihak mana pun yang turut membuat kondisi Jakarta aman dan tertib dalam pesta demokrasi yang juga berlangsung di 101 daerah di Indonesia.

"Kami patut berterimakasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh warga Jakarta, rekan-rekan media, dan pihak-pihak yang ikut membantu sehingga pelaksanaan Pilkada DKI Jakarta sejauh ini dapat berjalan lancar, aman dan sesuai rencana. Terima kasih. Mari kita sama-sama wujudkan komitmen kita bersama bahwa Jakarta harus aman," ujarnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya