Penyebab Banjir di Jakarta Timur Hari Ini

Sejumlah wilayah di Jakarta kebanjiran pada Kamis dini hari hingga pagi, 16 Februari 2017.
Sumber :
  • Twitter @TMCPoldaMetro

VIVA.co.id – Sebuah beton dinding turap (sheet pile) yang dipasang di bantaran Kali Ciliwung di wilayah Bidaracina, Jakarta Timur, menjadi penyebab sejumlah wilayah di Jakarta Timur tergenang banjir kiriman dari Bogor, Jawa Barat, Kamis, 16 Februari 2017.

40 RT dan 5 Ruas Jalan Jakarta Masih Terendam Banjir

Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Teguh Hendarwan mengatakan, lokasi dinding turap yang bocor ada di dekat Jembatan Tongtek, di Kampung Pulo. Beton yang bocor menyebabkan aliran air yang besar meresap ke dalam tanah hingga menimbulkan genangan di sejumlah titik di sekitarnya.

"Pembangunan sheet pile ada yang bocor persis di Jembatan Tongtek. Saya sudah dapat laporan dari pak camat," ujar Teguh di Balai Kota DKI, Kamis, 16 Februari 2017.

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

Menurut Teguh, sejumlah titik yang tergenang antara lain Jalan Jatinegara Barat, beberapa wilayah Rukun Warga (RW) di Kampung Pulo, kawasan Bukit Duri termasuk SMAN 8 Jakarta yang dilaporkan tergenang sampai setinggi 40 sentimeter (cm).

Teguh mengatakan, tindakan yang diambil adalah berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC), lembaga pemerintah pusat yang melaksanakan normalisasi Kali Ciliwung. 

28 RT di Jakarta Terendam Banjir, Hek Kramat Jati Mulai Surut

Penambalan kebocoran, kata Teguh, diharapkan segera dilakukan. Selain itu, ada minimal lima unit pompa stasioner yang diharapkan bisa membuat genangan surut dalam waktu cepat.

"Di lapangan, dua jam pun free (bebas genangan). Karena ada lima pompa air. Kalau dulu tiga hari (genangan surut), ini dua jam sudah bisa kering. Perbedaannya jauh," ujar Teguh. (mus)

Warga Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat (Jakbar), terpaksa harus melakukan pencoblosan ditengah genangan air akibat banjir saat Pemilu 2024 di tempat pemungutan suara (TPS) 039.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Jakarta, Dody Wijaya mengatakan pihaknya tentu berupaya mengantisipasi bencana banjir yang dapat terjadi saat proses p

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024