Tiga Ukhuwah Jadi Alasan Djarot Rajin Sambangi Pengajian

Calon petahana Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, (berpeci).
Sumber :
  • Ade Alfath

VIVA.co.id – Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta nomor urut dua Djarot Saiful Hidayat mengatakan, tujuannya sering menghadiri berbagai acara pengajian di masa kampanye putaran kedua adalah untuk membangun tiga hal.

Golkar Ngotot Ajukan Kader Internal di Pilgub Jakarta 2024

Yang pertama, adalah mengeratkan persaudaraan sesama muslim, atau ukhuwah islamiyah yang harus dibangun, agar umat Islam khususnya di Jakarta tidak terpecah-belah.

"Kita kan diwajibkan untuk membangun ukhuwah islamiyah, agar kita semua bisa menyadari bahwa sesama warga muslim itu bersaudara," kata Djarot, saat menghadiri acara pengajian yang digelar Partai Golkar di Kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Kamis 30 Maret 2017.

Unggah Foto Jokowi dan Ahok, Fadli: Sejarah Simpan Misteri

Selain itu, Djarot menjelaskan, setelah alasan ukhuwah islamiyah terbentuk, maka tugas selanjutnya adalah mempersatukan masyarakat sebangsa, yakni dengan konsep ukhuwah wathoniyah.

"Ini Indonesia, kita juga dituntut untuk mempersatukan bangsa tadi, maka dibutuhkanlah ukhuwah wathoniyah untuk menegaskan bahwa kita sebagai warga bangsa itu bersaudara," lanjut Djarot.

Buya Syafi'i soal Ganjar: Layak, kalau Tak Dipanggil Jakarta

Tujuan ketiga, lanjutnya, selain ukhuwah islamiyah dan ukhuwah wathoniyah, yaitu agar sesama manusia bisa saling membangun hubungan yang harmonis atau ukhuwah insaniyah.

"Lebih daripada itu, Islam mengajarkan juga bahwa setiap kita diwajibkan untuk membangun hubungan antarmanusia, yakni ukhuwah insaniyah. Itu kan tujuannya baik. Jadi, kalau diundang ke pengajian ya harus datang dong," kata Djarot.

Apalagi, kata Djarot, pengajian itu diadakan oleh Partai Golkar yang mendukung Ahok-Djarot dan bisa melakukan kegiatan positif ke basis-basis partai tersebut mulai kelurahan hingga RT, bahkan tingkat TPS. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya