Batam Ditetapkan Jadi Pilot Perdagangan Bebas

VIVAnews -- Daerah Otonomi Khusus Batam ditetapkan sebagai pilot project pelaksanaan Pelayanan Terpadu Satu Atap dan Perizinan Investasi Secara Elektronik.

Honda Freed Generasi Terbaru Diperkenalkan, Ada Varian Hybrid

"Kesiapan fasilitas karena telah memiliki Unit Pelayanan Terpadu dan ditetapkan sebagai Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan," kata Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Gita Wirjawan di kantor Menteri Dalam Negeri, Jakarta, Rabu 23 Desember 2009.

Menurut Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, program ini merupakan salah satu program kerja 100 hari Kabinet Indonesia Bersatu II dan BKPM. "Nantinya SPIPISE ini akan diterapkan ke daerah lainnya," kata dia. Rencananya, implementasi nyata pelayanan ini akan dilakukan pada 15 januari 2010 di Batam.

Menurut Gita, layanan ini dapat menyederhanakan proses investasi di Indonesia. "Layanan ini akan mengurangi periode proses penanaman modal dimanapun," kata dia. BKPM sendiri. kata dia, menargetkan penyelesaian dapat berlangsung selama 17 hari. Walikota Batam Ahmad Dahlan mengatakan Batam akan mempersingkat waktu proses dari 70 hari menjadi 40 hari.

Gita menambahkan BKPM juga akan membuat pilot project lainnya. "Melalui seleksi nanti akan dipilih daerah pilot project lainnya," jelas dia. Pemilihan dilakukan berdasarkan kesiapan fasilitas daerah yang ada baik dari segi soft dan hard infrastruktur pelayanan.

Guna merealisasikan hal ini BKPM telah melakukan koordinasi dengan berbagai Departemen dan Kementrian terkait. "Sebelum akhir tahun ini persetujuan dari seluruh kementrian sudah selesai," jelas Gita.

Persetujuan konsolidasi dan koordinasi dengan Departemen terkait sendiri masih harus menunggu beberapa bulan ke depan. "Kalau dengan departmen ada beberapa hal teknis yang perlu dikoordinasikan perlu memakan waktu tapi saya harap tahun 2010 sudah selesai," ujar dia.

Ia mengatakan jika persetujuan ini sudah selesai investor tidak perlu lagi pergi ke Departemen untuk mendapatkan perijinan. "Cukup di BKPM saja prosesnya," jelas Gita. Misalnya, investor membutuhkan ijin untuk tenaga kerja maka ia hanya perlu meminta ijin tersebut ke BKPM saja.

Tiara Andini, Ziva Magnolya, Keisya Levronka di Pernikahan Rizky dan Mahalini

Sederet Selebriti yang Jadi Bridesmaid Pernikahan Mahalini dan Rizky Febian

Selain rangkaian acara , sosok selebriti Tanah Air yang didapuk menjadi bridesmaid pernikahan Mahalini juga tidak kalah menarik perhatian. Salah satunya, Aaliyah Massaid.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024