Ciwidey Memang Masuk Zona Berbahaya

VIVAnews - Bencana gerakan tanah longsor yang terjadi di Kecamatan Pasir Jambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat menyebabkan 11 orang tewas dan puluhan lainnya tertimbun. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi ESDM mengungkapkan, wilayah yang terkena bencana memang terletak pada zona potensi terjadi gerakan tanah Menengah sampai Tinggi.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana  Geologi juga memasukan gerakan tanah di kawasan itu sebagai jenis gerakan tanah berupa longsoran bahan rombakan di tebing yang terjadi akibat curah hujan yang tinggi dan kemiringan lereng yang terjal.

Mengenai penyebab terjadiya bencana gerakan tanah tersebut Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVG) Surono dalam penjelasan yang dikutip dari website ESDM, Rabu 24 Februari 2010 mengatakan, gerakan tanah terjadi akibat curah hujan yang tinggi pada wilayah yang memiliki kemiringan lereng yang terjal, kurangnya tanaman yang berakar kuat dan dalam sehingga menyebabkan masa tanah dan batuan mudah bergerak serta adanya bidang lemah yang berupa kontak antara tanah pelapukan dengan batuan dasar.

Bencana Gerakan Tanah Longsor yang menimpa Desa Tenjolaya, Kecamatan Pasir Jambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat,  terjadi pada 23 Februari 2010 pukul 07.00 WIB setelah sebelumnya wilayah sekitar lokasi bencana turun hujan cukup deras. Secara umum daerah bencana dan sekitarnya tersebut merupakan daerah perbukitan bergelombang yang agak terjal hingga terjal dengan batuan penyusun berupa perselingan lava, breksi dan tuf bersusunan andesit.

Berdasarkan Peta Prakiraan Potensi Terjadi Gerakan Tanah pada Bulan Februari 2010 di Jawa Barat, daerah terkena bencana terletak pada zona potensi terjadi gerakan tanah Menengah sampai Tinggi, artinya daerah ini dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan di atas normal, terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan, dan gerakan tanah lama dapat aktif kembali.

Tim Tanggap Darurat Bencana gerakan tanah siap diberangkatkan ke lokasi bencana, untuk melakukan pemeriksaan guna mengetahui penyebab terjadinya gerakan tanah memberikan rekomendasi teknis penanganan bencana gerakan tanah serta memberikan sosialisasi mengenai kondisi gerakan tanah yang terjadi kepada masyarakat yang terkena bencana.

Pemkot Depok Siapkan Sejumlah Rumah Sakit untuk Rawat Korban Kecelakaan Ciater
Ilustrasi warga menggunakan payung saat hujan di Jakarta.

Jakarta Berpotensi Hujan pada Minggu Siang

Hujan diprakirakan turun dengan intensitas ringan.

img_title
VIVA.co.id
12 Mei 2024