Wabah Malaria di Papua, 40 Tewas

Papua dan Irian Jaya
Sumber :
  • papua.go.id

VIVAnews - Selama tiga bulan terakhir, 40 warga tewas di Distrik Homeo kabupaten Intan Jaya Papua tewas karena terjangkit wabah malaria tropicana.

Wabah malaria dengan mudah melanda kabupaten pemekaran itu, karena suhu di daerah tersebut sangat dingin dan diperkirakan bisa mencapai 8 derajat celcius. 

Sementara, penanganan dari pihak pemerintah setempat, belum maksimal karena minimnya stok obat-obatan, serta terkendala transportasi karena hanya bisa dijangkau dengan pesawat.

Anggota DPR Papua, Julius Miagoni mengatakan, wabah malaria sudah melanda di empat kampung di Distrik Homeo sejak April lalu.

"Sudah 40 warga yang tewas. Wabah tersebar di empat kampung yakni Maya, Mapa, Sanepa dan Bilae," ujarnya Selasa, 8 Juni 2010.

PDIP Sumbar Menang Atas Gugatan dari Kader Sendiri

Menurut dia, Pemda setempat sudah berupaya memberikan bantuan medis, tapi karena keterbatasan stok dan sulitnya menjangkau lokasi, Pemda kesulitan meminimalisasi jumlah korban yang tewas.

Menurutnya, bukan tidak mungkin wabah akan menyebar ke kampung-kampung lain, jika tidak segera mendapat perhatian dari pemerintah terutama dinas kesehatan.

“Warga saat ini banyak yang sudah terjangkit wabah, mereka sangat membutuhkan pertolongan terutama obat-obatan, jika tidak maka korban akan terus berjatuhan,’’tandasnya.

Diperkirakan, lanjutnya, wabah muncul , karena faktor cuaca dalam tiga bulan terakhir, dimana, suhu dingin sangat ekstrem, sehingga warga banyak yang tidak tahan.

“Kondisi cuaca yang ekstrem membuat daya tahan warga lemah,’’ ucapnya.

Julius Miagoni berharap pemerintah pusat segera merespons dan mengambil langkah-langkah pertolongan untuk mencegah korban berjatuhan, dan segera mengirim stok obat-obatan dan tenaga medis.

“Pemerintah harus segera merespons kondisi ini agar korban tidak bertambah,’’ ucapnya.

Kabupaten Intan Jaya baru berusia 3 tahun menyusul pemekaran dari Kabupaten Paniai. Lokasinya berada di Pegunungan Papua dan sangat sulit dijangkau karena transportasi hanya menggunakan pesawat. Penduduk Distrik Homeo diperkirakan 10 ribu jiwa dan mereka kebanyakan tinggal di lereng-lereng gunung. (hs)

Laporan: Banjir Ambarita| Papua

Sambut Hari KI Sedunia, RuKI Bergerak Berikan Edukasi ke Seluruh Indonesia
Dua tersangka dalam dugaan kasus tewasnya remaja 16 tahun di hotel Jaksel

Remaja di Jaksel Sempat Open BO Sebelum Tewas Dicekoki Narkoba di Hotel

Polisi menjelaskan bahwa remaja inisial FA (16), sempat melakukan open BO sebelum akhirnya tewas karena dicekoki oleh pria berinisial A dan BH. FA melakukan open BO bersa

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024