Kapolri : RMS Tak Bisa Kita Biarkan

Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri
Sumber :

VIVAnews - Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri mengatakan tak akan membiarkan aksi yang dilakukan Republik Maluku Selatan (RMS). Polri akan tetap mengambil tindakan tegas terhadap aksi separatisme itu.

"Di Indonesia, tidak ada kelompok namanya apapun yang keluar dari bingkai NKRI, tidak bisa kita biarkan," kata Bambang Hendarso Danuri usai pelantikan pejabat Kapolda di Mabes Polri, Jakarta, Jumat 8 Oktober 2010.

Menurut dia, Polri telah melakukan tindakan tegas terhadap kelompok sparatis apapun, termasuk RMS. Dia kemudian mencontohkan tindakan tegas yang pernah Polri ambil dengan memenjarakan pelaku pengibaran bendera RMS. "Ada beberapa yang telah kita tetapkan sebagai tersangka karena mengibarkan bendera RMS. Bendera ada 17 yang kita sita," kata dia.

Dia mengatakan, ke depan Polri akan tetap mengambil tindakan tegas terhadap RMS yang melakukan aksinya. "Jadi tentunya ini kita lakukan tindakan-tindakan ke depan karena mereka mau (RMS) eksis," kata dia.

Beberapa waktu tak muncul, RMS kembali mencuat saat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Belanda, Selasa lalu. Namun, Presiden membatalkan perjalanan ini di detik-detik akhir keberangkatan.

Netanyahu Tidak Takut Soal Ancaman AS Mengenai Pasokan Senjata

Alasannya, Pengadilan Den Haag menggelar sidang atas perkara gugatan yang diajukan RMS. Salah satu gugatan RMS adalah menangkap Presiden SBY saat tiba di Belanda.

Rizky febian dan Mahalini Resmi Menikah pada Jumat, 10 Mei 2024

Potret Mahalini Raharja dan Rizky Febian Resmi Jadi Pasangan Suami Istri, Banjir Ucapan Doa

Resmi menjadi pasangan sah suami istri, melalui Instagram pribadinya, baik Mahalini maupun Rizky Febian membagikan potret pertama usai resmi menjadi pasangan suami istri.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024