DPR Pertanyakan Posisi Kastorius Sinaga

Irjen Pol. Timur Pradopo
Sumber :
  • Antara

VIVAnews - Anggota Komisi III bidang Hukum DPR,  Fraksi PDI Perjuangan, Gayus Lumbuun, mempersoalkan posisi Kastorius Sinaga sebagai Penasihat Kapolri. Kastorius, kata Gayus,  tidak sepatutnya menjadi penasehat kapolri, sebab dia sudah menjadi pengurus inti sebuah partai politik.

"Seorang pimpinan partai politik, Kastorius Sinaga, tidak patut duduk sebagai penasehat Kapolri, kalau yang bersangkutan masih menjabat sebagai pengurus Partai Demokrat," kata Gayus Lumbuun.

Protes itu disampaikan Gayus Lumbuun kepada Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo dalam rapat kerja dengan Komisi III dan jajaran Polri di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin 24 Januari 2011.

Saat dikonfirmasi VIVANews.com soal keberatan Gayus itu,  Kastorius menegaskan bahwa dia  tidak punya konflik kepentingan dengan jabatan penasehat Kapolri. Sebab, lanjutnya, posisi penasehat Kapolri itu berbeda dengan Staf Ahli Kapolri.

Saat ini, Kastorius merupakan Ketua Departemen Perencanaan Pembangunan Nasional Partai Demokrat.  Kastorius diangkat menjadi pengurus Demokrat semenjak partai itu dipimpin  Anas Urbaningrum. Kastorius mengaku sudah menjadi Penasehat Kapolri sejak era Sutanto, sekitar 2005.

Pimpinan Ponpes di Lombok Diduga Setubuhi 5 Santriwati, Tuduh Jin Pelakunya

Para penasehat Kapolri, kata Kastorius, adalah akademisi dari berbagai kalangan. Jumlahnya 11 orang. Para penasehat Kapolri juga tidak masuk  dan tidak membahas kasus-kasus tertentu, karena itu tugasnya staf ahli. .

Kastorius menegaskan bahwa dalam Perpres 2010 tentang Tata Organisasi Kepolisian, ada salah satu pasal tentang penasehat ahli Kapolri. Dalam pasal itu, kata dia, dikatakan bahwa Kapolri mempunyai wewenang untuk mengangkat penasehat ahli berdasarkan kebutuhan dari disiplin ilmu pengetahuannya.

"Tidak ada ketentuan yang mengatur afiliasi politik. Di sana ada Bachtiar Aly yang dulu orang Golkar, sekarang jadi pendiri Nasdem. Lalu ada Profesor Yusuf Gunawan yang juga salah satu Ketua DPP di Partai Demokrat Bidang Logistik," kata dia.

Ilustrasi zodiak

Prediksi Ramalan Zodiak Sabtu 11 Mei 2024, Hari Ini Bakal Ada Beragam Peristiwa

Zodiak Aquarius salah satunya, mereka harus sangat berhati-hati hari ini dan berpikir mendalam sebelum mempercayai siapa pun karena kegagalan bisa sebabkan kerugian besar

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024