Dubes Australia Hari Ini Tur ke Jawa Timur

Dubes Australia untuk Indonesia Greg Moriarty (kanan)
Sumber :
  • ANTARA/ Ujang Zaelani

VIVAnews - Duta Besar Australia untuk Indonesia, Greg Moriarty, hari ini dijadwalkan berkunjung ke Surabaya. Kunjungan ini untuk memperkukuh hubungan antara Australia dan Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia dan pusat niaga dan politik utama di Provinsi Jawa Timur. 

“Saya gembira bisa berkunjung ke Surabaya, kota pahlawan dan kota budaya, bersejarah dan niaga yang sangat penting bagi Indonesia,” tutur Dubes Moriarty dalam pernyataan tertulis kepada VIVAnews. “Secara khusus, saya memberikan penghormatan kepada tokoh-tokoh yang memainkan peran demikian penting dalam perjuangan kemerdekaan, demokratisasi Indonesia dan pendirian Nahdlatul Ulama,” lanjut Moriarty.

Dia akan melakukan kunjungan kehormatan ke Gubernur Soekarwo dan bertemu dengan tokoh senior politik dan media yang berbasis di Surabaya dan menyelenggarakan perjamuan makan siang dengan pengusaha Indonesia yang berniaga dengan Australia.

Rupiah Loyo Dibayangi Penurunan Surplus Neraca Dagang RI

Dubes Moriarty akan berkunjung ke Universitas Airlangga untuk memajukan kerja sama yang lebih besar antara sektor pendidikan di Australia dan Indonesia.

Moriarty juga akan berkunjung ke dua desa di Jombang, satu desa yang didukung oleh Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) RI dan satu desa lagi di mana 1200 rumah tangganya kini mempunyai akses air bersih PAM berkat bantuan Australia.

Dubes Australia itu juga akan berkunjung ke Masjid Jombang dan berziarah ke makam Hadratus Syeikh KH Hasyim Asy’ari, KH.A.Wahid Hasyim serta mantan Presiden KH Abdurrahman Wahid.

“Hubungan antara Australia dan Surabaya kukuh. Australia mendukung perjuangan kemerdekaan Indonesia dan Australia mengakui jasa para pahlawan Surabaya yang mengorbankan jiwanya untuk kemerdekaan negerinya,” ujar Moriarty.

Sebelumnya, Angkatan Laut Australia melakukan kunjungan muhibah ke Surabaya pada April. Pemerintah Negeri Kanguru itu pun memberikan bantuan pembangunan ke Jawa Timur guna meningkatkan layanan dasar dan mutu hidup untuk warga miskin Indonesia.

Australia mempunyai berbagai program pembangunan di Jawa Timur termasuk pengentasan kemiskinan, air dan sanitasi, pendidikan, kesehatan dan kesiapan bencana.

Akhirnya Kate Middleton muncul di depan publik, ini foto terbarunya

Akhirnya Kate Middleton Muncul di Depan Publik, Ini Foto Terbarunya

Setelah beberapa waktu absen dari sorotan publik, Kate Middleton, Putri Wales Kerajaan Inggris, akhirnya muncul setelah dinanti-nantikan. Ini foto terbaru sang putri.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024