1 Minggu 4 Kapal Terbakar dan Tenggelam

KMP Laut Teduh terbakar di Selat Sunda.
Sumber :
  • ANTARA/ Asep Fathulrahman

VIVAnews - Dalam satu pekan terakhir, sebanyak empat kapal mengalami kecelakaan. Sebanyak 38 nyawa melayang dan ratusan orang mengalami luka-luka.

Berdasarkan catatan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana, kecelakaan pertama terjadi pada 21 September 2011. Sebuah kapal tenggelam di Jungut Batu, Klungkung, Bali. Sebanyak 11 penumpang meninggal dunia. Selain itu 13 penumpang hilang dan 11 orang selamat. Saat ini pencarian sudah dihentikan.

Tiga hari berselang, atau pada 24 September 2011, kecelakaan kapal terjadi di Sumenep, Jawa Timur. Saat itu Kapal Dewi Putri Tunggal tenggelam sekitar pukul 14.00.

Kecelakaan ini terjadi akibat kelebihan muatan yang disertai dengan cuaca buruk. Korban 13 orang meninggal dan 25 orang luka ringan dirawat di Puskesmas Pembantu Guagua.

Kemudian pada Senin 26 September 2011, sekitar pukul 07.00 WIB, KM Maruna Nusantara terbakar di Sungai Barito, Banjarmasin. Kapal terbakar karena menabrak tongkang yang sedang mengangkut batubara. Sebanyak enam penumpang meninggal dunia. Sementara 73 orang luka-luka dan 443 orang berhasil dievakuasi.

Kecelakaan terakhir terjadi pada Rabu 28 September 2011 sekitar pukul 09.09. KM Kirana terbakar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Sebanyak 8 orang meninggal, sedangkan 19 orang luka berat dan dirawat di ICU Rumah Sakit PHC Pelabuhan Tanjung Perak. 39 orang luka ringan dan sudah kembali ke rumah masing-masing.

Korban meninggal dan luka karena terinjak-injak panik. Penyebab kebakaran kapal disebabkan dari 1 truk pengangkut bawang merah kering yang berada di atas lampu kapal yang berdaya tinggi dan menghasilkan panas yang mengakibatkan arus pendek.

"Pada keempat kecelakaan kapal tersebut BPBD di masing-masing daerah berkoordinasi dengan Tim SAR, Kementerian Perhubungan, dinas terkait dan Polri untuk melakukan upaya penanganan," kata Kepala Pusat Data Informasi dah Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangannya kepada VIVAnews.com, Rabu 28 September 2011. (eh)

Waketum Nasdem Ahmad Ali Datang ke Rumah Prabowo, Surya Paloh Sebut Ada Urusan Pilkada
Evakuasi penemuan mayat. (Foto ilustrasi).

Izin Menginap di Kantor Polisi, Pria Tuban Ini Ternyata Baru Membunuh Istrinya

Warga Desa Pakis, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, digegerkan oleh aksi dugaan pembunuhan yang dilakukan oleh MO (64 tahun) terhadap istrinya sendiri, TA.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024