Posko Calon Bupati di Aceh Ditembaki

senjata api AK-56 bekas konflik Aceh
Sumber :
  • Antara/ Rahmad

VIVAnews - Aksi teror terhadap kandidat kepala daerah yang bertarung dalam Pilkada Aceh kembali terjadi. Kali ini teror dialamatkan kepada posko tim sukses Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Aceh Timur, Ridwansyah-Ridwan.

Posko tim sukses Ridwansyah-Ridwan yang berada di Desa Buket Seulamat, Kecamatan Sungai Raya, ditembak orang tak dikenal. Tidak ada korban jiwa dalam penembakan yang terjadi sekitar pukul 19.30 WIB itu.

"Tiba-tiba ditembak dari arah samping posko, ada tiga kali suara tembakan," kata Tengku Aiyub pengurus posko, yang dihubungi Senin, 5 Maret 2012 itu.

Posko tim sukses pasangan bupati dari jalur Independen itu berada di Pesantren Nurul Falah, Sungai Raya. Kata Tengku Aiyub, saat peristiwa berlangsung belasan murid pasentren sedang mengaji.

"Orang-orang yang sedang berada di posko langsung tiarap begitu mendengar suara tembakan. Tembakan itu mengenai atap Posko," ujarnya.

Ayub memperkirakan pelaku bersembunyi di balik semak-semak sekitar 70 meter dari posko dan melepaskan ke arah balai pesantren yang juga dijadikan posko tim sukses itu. Dia menduga pelaku tak hanya menggunakan senjata laras pendek tapi juga menggunakan senjata laras panjang.

"Dua kali dengan senjata laras panjang, karena keras sekali suaranya. Satu kali lagi seperti suara pistol. Setelah menembak mereka lari ke semak-semak," ujarnya.

Menurut Aiyub, polisi yang ditugaskan mengawal posko itu juga sempat melakukan pengejaran. Namun para pelaku berhasil melarikan diri dalam keremangan malam.  "Pengawal kami sempat juga membalas tembakan dua kali ke udara," katanya.

Kepolisian dibantu TNI dari Koramil setempat sedang menyisir sekitar lokasi untuk dan mengejar pelaku. Polisi juga sedang mengumpulkan bukti-bukti seperti selongsong peluru di sekitar lokasi penyerangan.

Ayub mengatakan, aksi penyerangan terhadap posko itu bukan yang pertama terjadi. Ini merupakan aksi penembakan yang ketiga kalinya terhadap posko kandidat bupati Aceh Timur itu. "Kami berharap pelaku dapat segera ditangkap," kata Aiyub yang juga adik kandung Ridwansyah, Calon Bupati Aceh Timur itu.

KKP Terjunkan Kapal Pengawas Bantu Evakuasi Pengungsi Terdampak Erupsi Gunung Ruang
Kampanye Akbar Prabowo-Gibran, Pesta Rakyat Untuk Indonesia Maju

Wajar jika Kementerian Ditambah sampai 40 untuk Indonesia yang Besar, Menurut Pengamat

Pengamat politik mengemukakan wacana penambahan jumlah kementerian menjadi 40 kementerian cocok diterapkan karena Indonesia merupakan negara yang besar.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024