Ketegangan Tiongkok dan Taiwan di Laut Cina, Jerman Kirim 2 Kapal Perang

VIVA Militer: Kapal perang Hesse (F-221) Angkatan Laut Jerman
Sumber :
  • bnn.network

BerlinJerman mengirim dua kapal perang ke kawasan Indo-Pasifik, pada hari Selasa, 7 Mei 2024, untuk memperkuat kehadiran militernya di tengah meningkatnya ketegangan antara Tiongkok dan Taiwan mengenai sengketa Laut Cina Selatan.

Jenderal Kopassus di Balik Operasi Rebut Homeyo, Refly Harun Bungkam Irma Nasdem

"Kapal pasokan angkatan laut Frankfurt am Main berangkat dari kota pelabuhan utara Wilhelmshaven," menurut laporan media Jerman.

VIVA Militer: Kapal perang militer China di Selat Taiwan

Photo :
  • taiwannews.com.tw
Inisiatif untuk Menekan Dampak Pemanasan Global Terus Dilakukan

Kapal yang diberangkatkan Menteri Pertahanan Boris Pistorius membawa 200 personel, dan akan bertemu dengan fregat Baden-Wurttemberg yang meninggalkan Jerman sebulan lalu dan akan bertugas di kawasan Indo-Pasifik, termasuk Laut Cina Selatan.

Menurut pernyataan Angkatan Bersenjata Jerman, kapal-kapal tersebut akan dikerahkan di wilayah antara Afrika, Australia, dan Jepang hingga Desember.

Rudal Houthi Berterbangan di Laut Merah, Kapal Induk AS Pasang Badan

"Misi tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa Eropa dan Jerman memiliki kehadiran yang lebih besar di kawasan Indo-Pasifik, salah satu kawasan yang paling penting secara ekonomi,” ucap Angkatan Bersenjata Jerman, dikutip dari ANews, Rabu, 8 Mei 2024.

Angkatan Udara Jerman juga akan menjadi bagian dari misi Indo-Pasifik dari pertengahan Juni hingga Agustus dan akan berpartisipasi dalam latihan dengan negara-negara sekutu, termasuk India.

VIVA Militer: Armada Angkatan Laut Amerika Serikat di Laut China Selatan

Photo :
  • scmp.com

Sebagai informasi, Jerman mengirim kapal perang pertamanya ke Laut Cina Selatan setelah hampir 20 tahun pada tahun 2021 untuk mendukung kekuatan Barat lainnya di wilayah tersebut.

Sementara itu, Tiongkok mengklaim kedaulatan atas sebagian besar wilayah Laut Cina Selatan, sehingga muncul perselisihan tidak hanya dengan Taiwan, tetapi juga dengan Filipina, Vietnam, Malaysia, dan Brunei.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya