Pesawat Jetstar Telat 17 Jam, Penumpang Demo

Terminal II Bandara Internasional Soekarno Hatta, di Tangerang, Banten
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews – Penumpang Jetstar JQ 414 Jakarta-Singapura berdemonstrasi di depan counter Jetstar di Bandara Soekarno-Hatta karena pesawat yang hendak mereka tumpangi mengalami keterlambatan parah, Jumat 16 Maret 2012.

Kericuhan sempat terjadi antara penumpang dan petugas imigrasi. “Kira-kira ada seratus lebih penumpang. Suasana sangat tidak kondusif,” kata Rahmi, salah seorang penumpang Jetstar JQ 414 kepada VIVAnews. Hingga kini demonstrasi masih berlangsung.

JQ 414 seharusnya dijadwalkan bertolak dari Bandara Soetta pada pukul 06.30 WIB pagi ini menuju Singapura. Namun petugas kemudian menginformasikan bahwa pesawat delay sampai pukul 11.00 WIB. “Kami menunggu sampai lewat pukul 11.00, tidak ada konfirmasi apapun dari petugas,” ujar Rahmi.

Kemudian ada informasi pesawat akan siap tepat pukul 12.00 WIB. “Tapi lewat jam 12 siang ini, setelah kami berkemas dan siap berangkat, petugas mengatakan bahwa pesawat baru bisa berangkat dari Perth, Australia, pada pukul 24.00 malam nanti,” ucap Rahmi.

Penumpang pun marah. Salah seorang penumpang sempat mengamuk karena ia harus segera berangkat ke Singapura guna menemani saudaranya yang akan menjalani operasi. “Ia ribut dengan petugas imigrasi,” kata Rahmi yang sampai saat ini masih berada di Soetta bersama penumpang lainnya.

Kini, di samping berdemo, perwakilan penumpang sedang berunding dengan petugas dan pihak Jetstar untuk membicarakan kompensasi bagi penumpang. “Apakah kompensasi itu dalam bentuk pergantian pesawat atau bagaimana, masih dibahas,” ujar Rahmi.

Ia menambahkan, seorang penumpang lain memilih pulang karena kelelahan dan tidak ada kepastian jadwal berangkat. “Saya sendiri ke Singapura untuk jalan-jalan, tidak terlalu masalah. Tapi kasihan kan penumpang yang ada keperluan mendesak, apalagi terkait medis,” kata dia.

Jetstar adalah maskapai penerbangan bertarif rendah yang melayani penerbangan di wilayah Asia-Pasifik. (ren)

GAC Aion Jual 1 Juta Mobil Listrik dalam Waktu Relatif Singkat
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong

Shin Tae-yong: Pelatih Timnas yang Juga Mahir Kendarai Truk dan Mobil Setir Kanan

Shin Tae-yong jadi sosok pelatih yang dicintai masyarakat Indonesia karena sukses membawa Timnas U-23 menorehkan sejarah. Ternyata, dirinya juga mahir dalam berkendara.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024