45 Korban Sukhoi Akan Dikembalikan Serentak

Jenazah Korban Jatuh Pesawat Sukhoi Tiba di Halim
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Saat ini tim identifikasi jenazah korban pesawat jatuh Sukhoi Superjet 100 mulai bekerja. Proses pemulangan jenazah kepada keluarga akan dilaksanakan serentak jika 45 korban Sukhoi sudah terkumpul dan teridentifikasi.

Hal itu dilakukan agar tim identifikasi tidak mengembalikan bagian-bagian jenazah yang terpisah kepada keluarga yang salah. Oleh karena itu, tim memerlukan waktu yang cukup lama kerena perlu bekerja secara teliti.

"Saya kira tidak ada satupun keluarga yang ingin menerima bagian atau jenazah atau body part dari keluarga lain," kata Direktur Eksekutif Disaster Victim Identification (DVI) Indonesia, Komisaris Besar Polisi Anton Castilani di RS Polri, Jakarta Timur, Sabtu 12 Mei 2012.

Bagian-bagian tubuh korban baik besar ataupun kecil setelah dilakukan identifikasi akan dimasukkan ke dalam kantung atau peti jenazah. Tim sudah menyiapkan 45 kantong atau peti jenazah untuk para korban.

"Karena banyak korban dan rata-rata tidak dalam keadaan utuh. Sepertinya kami tidak bisa mengembalikan korban satu per satu. Karena kalau kami kembalikan korban A sebelum selesai operasi DVI ini, ada kemungkinan kalau kantong terakhir datang ada bagian tubuh dia yang tertinggal di situ," kata dia.

Polisi Ditemukan Tewas di Mampang Jaksel dengan Luka Tembak di Kepala

Setelah bagian tubuh sudah lengkap kemudian akan dilanjutkan dengan proses rekonstruksi agar bentuk tubuh aslinya bisa terlihat sesuai bentuk aslinya. Tim juga akan mengeluarkan surat kematian dan sudah teridentifikasi kepada pihak keluarga.

"Saya mengimbau kepada keluarga untuk bersabar agar tim bisa menyelesaikan tugas secara teliti dan sebaik-baiknya," kata Anton. Saat ini sudah ada sekitar 4 kantong jenazah di RS Polri. Jumlah ini masih simpang siur.

Dengan tiga kantong terakhir yang diberangkatkan dari Gunung Salak, catatan VIVAnews sedikitnya sudah 7 kantong jenazah sudah menuju RS Polri. Kendati demikian, belum bisa dipastikan kantong jenazah itu berisi berapa jasad korban. (sj)

Salshabilla Adriani

Anaknya Dituding Selingkuhan Rizky Nazar, Ibu Salshabilla Adriani: Bunda Tahu Sakitnya Hati kamu

Salshabilla Adriani membantah tudingan tersebut. Dia mengklarifikasi bahwa saat berada di Bali, dia tidak hanya berdua dengan Rizky Nazar.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024