Menpora: Dana Hambalang Sesuai Prosedur

Proyek pembangunan pusat pendidikan latihan dan sekolah olah raga nasional (P3SON) di Hambalang, Sentul, Bogor, Jawa Barat
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews – Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng menyatakan, dana untuk pembangunan proyek Hambalang sudah sesuai prosedur.

Andi memaparkan dalam rapat dengan Komisi X DPR, Senin 4 Juni 2012, pembangunan pusat olahraga Hambalang dimulai tahun 2010 dengan anggaran yang tersedia sebesar Rp275 miliar. Selanjutnya tahun 2011, dana untuk membayar kontraktor disiapkan Rp400 miliar hingga berubah menjadi multiyears.

“Kami ikuti penambahan anggarannya, dari Rp150 miliar, lalu Rp400 miliar, kemudian multiyears-nya,” kata Andi. Ia juga menegaskan, pembahasan perubahan dana proyek Hambalang dari tahun ke tahun itu telah disetujui oleh DPR.

“Anggaran itu dapat persetujuan dari DPR. Setahu saya, Kemenpora mengikuti prosedur-prosedur yang berlaku,” ujarnya.

Sebelumnya, anggota Komisi X DPR dari Fraksi Golkar, Zulfadli, mengatakan Komisi X tidak mengetahui adanya tambahan anggaran proyek Hambalang hingga menjadi Rp1,175 triliun.

“Kami anggota Komisi X betul-betul tidak memiliki informasi yang cukup dan tidak mengetahui tentang bagaimana proses perencanaan, penganggaran, dan pengambilan keputusan proyek ini. Bahwa ini program multiyears juga tidak pernah dibahas dalam raker,” ujar Zulfadli.

Saat ini Komisi Pemberantasan Korupsi juga tengah menyelidiki proyek Hambalang. Tim penyelidik KPK sudah menuju Hambalang untuk melihat kemajuan pembangunan proyek itu.(np)

Harga Emas Hari Ini 27 April 2024: Emas Antam Kinclong di Akhir Pekan
Kemenkominfo mengadakan kegiatan chip in

Kemenkominfo Mengadakan Chip In “Periksa Fakta Sederhana”

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo RI) mengadakan kegiatan chip in yang mengusung tema “Periksa Fakta Sederhana” pada tanggal 26 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024